Sukses

Jay-Z, Penyanyi Rap Pertama yang Jadi Miliarder

Liputan6.com, New York - Jika kita sering mendengar atau membaca jika miliarder hanya berasal dari para pengusaha atau investor saja ternyata hal ini sudah tidak berlaku lagi. Mengapa? Lantaran Forbes baru saja menobatkan penyanyi rap, Jay-Z sebagai miliarder.

Dilansir dari laman BBC, kekayaan total suami Beyonce saat ini mencapai USD 1 miliar atau Rp 14,2 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.270).

Menurut Forbes, kekayaan Jay-Z didapatkan karena ia telah sukses membangun kerajaan bisnisnya tidak hanya di dunia musik saja, bahkan hingga properti, fashion dan investasi.

Jay-Z lahir dan tumbuh dewasa di salah satu bagian daerah di New York City yang begitu terkenal, Shawn Carter.

Setelah debut album 'Reasonable Doubt' pada 1996, pria ini menjadi begitu terkenal. Bahkan pada 2001, albumnya 'The Blue Print' pada Maret ditambahkan ke National Recording Registry karena dianggap begitu penting secara budaya, historis ataupun keindahannya.

 

2 dari 4 halaman

Sumber Kekayaan Jay-Z

Menurut Forbes, total kekayaan penyanyi raper ini berasal dari berbagai aset. Berikut merupakan perinciannya:

- Musik = USD 75 juta

- Saham di sampanye Armand de Brignac dan cognac D'Usse = USD 410 juta

- Saham di Uber = Rp 70 juta

- Properti d New York dan Los Angeles, dan saham di layanan musik streaming 'Tidal' = USD 100 juta

- Koleksi seni = USD 50 juta

Selain kekayaan tersebut, dikabarkan sang istri Beyonce juga memiliki kekayaan mencapai USD 335 juta atau sekitar Rp 4,77 triliun yang sebagian besar dihasilkan dari dunia musik.

 

3 dari 4 halaman

Pandangan Orang Lain

Forbes juga menambahkan dulu Jay-Z pernah menyanyikan lirik "I'm not a businessman, I'm a business, man," ini bukan hanya bualan belaka. Nyatanya, saat ini penyanyi raper ini telah berhasil menjadi seorang miliarder.

Kasseem "Swizz Beatz" Dean yang merupakan seorang produser di balik hits sukses Jay-Z mengatakan pada Forbes jika kesuksesan penyanyi rap ini begitu luar biasa.

"Dia terlihat seperti kita, suaranya pun seperti kita, mencintai kita, namun yang membuatnya beda, kita selalu merasa apapun yang ia lakukan selalu berada jauh di atas kita," ujarnya.

Jay-Z muncul di depan cover terbaru majalah Forbes berdampingan dengan miliarder super kaya, Warren Buffett.

Nyatanya pada 2010 silam, legendaris investor ini pernah mengatakan pada Forbes, Jay-Z merupakan guru yang mengajarkan ilmu yang tidak akan pernah Buffett ajarkan. Ia seorang pemuda yang patut menjadi contoh, kata dia.

Sebelumnya, sering diasumsikan Dr Dre mencapai status miliarder pada 2014 setelah menjual bisnis headphone Beats-nya kepada Apple. Akan tetapi, Forbes menempatkan kekayaan Dr Dre sekitar USD 770 juta.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Orang yang Menyandang Miliarder Baru di 2019
Artikel Selanjutnya
Terbesar dalam Sejarah, Miliarder Eli Broad Sumbang Rp 1,4 Triliun ke Sekolah Bisnis Yale