Sukses

Inilah Pentingnya Asuransi Kendaraan Selama Mudik

Beberapa alasan pentingnya asuransi kendaraan selama mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang yang mempersiapkan diri mulai dari biaya mudik, menjaga kesehatan, hingga oleh-oleh. Namun diantara persiapan tersebut, tidak banyak yang mempersiapkan asuransi.

Padahal asuransi, terutama asuransi kendaraan merupakan hal yang sangat penting selama perjalanan mudik karena terdapat banyak manfaat dari asuransi selama mudik.

Namun sayangnya, banyak pemudik yang belum mengetahui alasan pentingnya asuransi kendaraan selama mudik. Untuk itu, Adira Insurance menyampaikan mengapa para pemudik harus mengasuransikan kendaraan mereka sebelum berangkat mudik. 

Julian Noor, Chief Executive Officer (CEO) Adira Insurance menjelaskan, asuransi kendaraan dapat mengurangi biaya tambahan yang harus Anda keluarkan jika terjadi kecelakaan selama perjalanan.

"Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," ujar Julian di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Julian menambahkan pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik juga dikarenakan adanya kemudahan penanganan kendaraan di saat darurat. Para pemudik dapat menghubungi layanan bantuan yang tersedia di perusahaan asuransi tersebut apabila kendaraannya terkena masalah selama perjalanan mudik.

"Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center Adira Care 1500 456 dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Adira Insurance juga berkoordinasi dengan Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan kendaraan yang akan masuk bengkel karena kecelakaan atau berbagai risiko saat mudik lainnya. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim untuk melihat Autocillin Garage terdekat dari lokasi pemudik.

Tidak hanya itu saja, Julian mengatakan pentingnya asuransi kendaraan karena selama mudik Lebaran begitu rawan terjadi kecelakaan. Hal ini terjadi karena volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan tingkat kecelakaan meningkat. Kementerian Perhubungan mencatat, kasus kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Lainnya

Alasan lain mengapa asuransi kendaraan begitu penting yaitu karena tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik, dan motor menjadi salah satu jenis kendaraan yang sering hilang selama mudik.  Untuk itu, asuransi bisa menjadi jawaban dari banyaknya risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang begitu tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tentunya tidak dapat diprediksi. 

Tanny Megah Lestari, Business Division Development Head Adira Insurance, menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan layanan emergency road assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuanpenggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya. 

"Jika Pelanggan mengalami musibah saat perjalanan mudik, Pelanggan langsung menghubungi contact center Adira Care 1500 456 atau dapat mengirimkan SMS di nomor 08121113456," kata dia.

Dengan melihat banyaknya manfaat asuransi di atas, masyarakat diharapkan semakin sadar akan asuransi, terutama asuransi kendaraan. Namun ternyata sejauh ini, Tanny menilai, minat masyarakat terhadap asuransi kendaraan cukup tinggi.

Hingga kuartal I-2019, total premi asuransi kendaraan di Adira Insurance mencapai Rp422 miliar, bertumbuh 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai premi tersebut, asuransi kendaraan roda empat masih mendominasi pendapatan premi dengan nilai Rp248 miliar dan bertumbuh 2 persen year on year (yoy). Sementara asuransi kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan premi 29 persen (yoy) ke angka Rp174 miliar.

Tanny juga menambahkan, “Bagi pemudik yang ingin merasakan perlindungan dari asuransi dengan periode polis yang lebih singkat, Adira Insurance menyiapkan produk Asuransi Mudik dengan perlindungan dari berbagai resiko seperti kecelakaan, kehilangan kendaraan, kehilangan dokumen dan barang bawaan pribadi saat perjalanan hingga kebakaran ataupun pencurian rumah yang ditinggal saat mudik. Dengan harga terjangkau, pemudik dapat merasa aman dan tenang selama mudik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini