Sukses

7 Cara Bikin Belanja Lebih Hemat

Belanja bisa lebih hemat dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar pengeluaran kita digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Belanja bahan makanan, perlengkapan dapur, perlengkapan mandi dan lainnya. Dibutuhkan pengaturan yang ketat supaya pengeluaran ini tidak semakin membengkak.

Tidak hanya menekan pengeluaran, ada beberapa cara supaya Anda bisa menghemat dari pengeluaran ini. Dilansir dari Clark, berikut beberapa tips menghemat pengeluaran untuk belanja:

1. Belanja di pasar tradisional

Jika biasanya Anda belanja di supermarket, cobalah sesekali belanja di pasar tradisional. Kualitasnya tidak jauh berbeda dengan sayuran di supermarket, tapi Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa ditawar tentunya.

2. Buat daftar belanjaan

Selalu buat daftar belanjaan untuk menghindari keinginan membeli bahan yang tidak perlu. Anda bisa menentukan daftar belanjaan dari menu makanan yang akan dimasak hari ini atau bahkan satu minggu ke depan. Dengan begitu, Anda sudah satu langkah berhemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Beli bahan makanan dalam jumlah banyak

Jika dalam daftar menu Anda ada beberapa bahan yang sama, belilah dalam jumlah yang banyak karena harganya pasti lebih murah. Bahan makanan yang lazim dibeli banyak adalah bumbu dapur dan bawang-bawangan.

4. Jangan pernah belanja saat perut lapar

Inilah yang harus ditahan, karena ketika Anda keluar dengan perut lapar, Anda akan berpikir macam-macam makanan yang ingin dibuat.

Secara tidak sadar, Anda akan membeli bahan-bahan untuk makanan itu dan ketika sudah dimasak, bahan itu tidak terpakai. Uang Anda terbuang percuma.

5. Unduh aplikasi cash back

Kalau Anda belanja di supermarket, coba unduh aplikasi pembayaran yang memberikan cash back. Cash back adalah salah satu bentuk diskon juga, hanya saja Anda harus membayar penuh dulu untuk belanjaan Anda, baru bisa menikmati cash backnya.

3 dari 3 halaman

6. Cek harga sebelum dan sesudah diskon

 Anda pasti akan tergiur saat melihat tanda diskon. Tapi pastikan dahulu, apakah harga yang dijual sebelum diskon dan sesudah diskon adalah harga sebenarnya?

Jika biasanya Anda membeli bahan makanan dengan harga sekian, lalu hari ini naik dan ada tulisan diskon, sudah dipastikan diskon itu hanya menipu mata Anda. Hal ini sering terjadi agar konsumen membeli produk yang dijual.

7. Jangan lupa cek kondisi barang

Harga murah, tapi apakah kualitasnya sesuai dengan yang Anda inginkan? Terkadang, sayuran yang dijual murah adalah sayuran yang sudah tidak segar.

Segar atau tidaknya sayuran pasti akan berpengaruh terhadap kandungan gizinya. Jadi, tetaplah teliti melihat kondisi barangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini