Sukses

MRT Jakarta Beroperasi Komersial Mulai 1 April

Manajemen MRT menunggu Pergub yang akan memayungi keputusan tarif yang sudah ditetapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Operasi komersial moda raya terpadu (MRT) tinggal menunggu waktu. Kereta perkotaan otomatis bawah tanah pertama di Indonesia ini dipastikan akan beroperasi komersial pada 1 April 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, MRT siap beroperasi komersial pada awal April tersebut. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan perusahaan.

"Kita akan keluarkan prosedur terkait dengan ticketing ini bagaimananya. Nanti juga akan ditempelkan di depan-depan tiket. Ada staf-staf kita bakal bantu," ujar dia di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dia menambahkan, pihaknya kini menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan memayungi keputusan tarif MRT yang telah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Keputusan pemerintah tentang ticketing, seperti diketahui harga tiket ini sudah diputuskan harganya. Jadi mudah-mudahan  di hari-hari ini ada Peraturan Gubernur. Setelah itu terbit, kita siap operasi komersial 1 April nantinya," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MRT Jakarta Tak Ada Tempat Sampah, Ini Alasannya

Belakangan sempat viral perilaku masyarakat yang tengah mencoba moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Itu seperti bergelantungan di dalam MRT hingga buang sampah sembarangan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menjelaskan, alasan tidak diletakkannya tempat sampah di dalam MRT ialah untuk mengedukasi masyarakat tidak makan dan minum di MRT.

Dia menambahkan, langkah ini diambil sebagai proses mengajarkan masyarakat agar tidak membawa produk sembarangan dan kemudian dikonsumsi didalam MRT.

"Kita enggak taruh tempat sampah karena kita mau educate masyarakat tidak buang sampah. Kalau ada tempat sampah tendensinya akan makan dan buang sampah didalam," ujarnya Jumat (29/3/2019).

Kendati begitu, dia mengaku optimistis, masyarakat secara perlahan akan terbiasa dengan kultur tertib dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, jelang pengoperasian secara komersial pada 1 April 2019 ini, pihaknya mengaku telah siap untuk beroperasi resmi kepada masyarakat Indonesia.

"Kita akan keluarkan procedure terkait dengan ticketing ini bagaimananya. Nanti juga akan ditempelkan di depan-depan tiket. Ada staf-staf kita bakal bantu," pungkas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.