Sukses

Pengangguran dan Punya Utang Kartu Kredit? Buruan Lakukan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menganggur dan tidak memiliki penghasilan tetap, kondisi ini tentu akan buruk bagi keuangan. Bukan hanya keuangan saja yang terkena dampaknya, namun secara keseluruhan kehidupan Anda mungkin saja dipenuhi dengan masalah.

Hal ini bahkan akan semakin memburuk jika ternyata punya sejumlah utang di dalam kartu kredit Anda. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tagihan kartu kredit di saat sedang menganggur seperti ini?

Tentu saja, utang adalah tanggungan yang harus dibayar. Bahkan meski sedang menganggur dan tak memiliki penghasilan, utang tetaplah utang.

Tak ubahnya seperti pinjaman perbankan lainnya, tagihan kartu kredit yang menunggak juga bisa membuat riwayat kredit (credit score) Anda buruk. Dampaknya, kelak Anda akan mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kredit lainnya.

Pastikan Anda melakukan langkah yang tepat untuk bisa segera melunasi utang kartu kredit Anda. Sehingga riwayat kredit Anda tetap bersih dan tidak perlu berurusan dengan penagih utang (dept collector).

Agar tak semakin menimbulkan masalah yang berlarut-larut, lakukan hal ini saat Anda punya utang kartu kredit tapi sedang menjadi pengangguran, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jual Barang Bekas Anda

Langkah yang paling cepat untuk mendapatkan suntikan dana segar adalah dengan menjual berbagai barang bekas Anda. Pilah kembali barang-barang yang Anda punya dan pisahkan barang layak pakai tapi sudah tidak ingin digunakan lagi.

Anda bisa menjual berbagai barang ini secara online. Sebab saat ini ada banyak situs dan juga aplikasi belanja online yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan yang satu ini.

Jangan anggap sepele, uang dari hasil menjual berbagai barang bekas ini juga bisa saja besar. Hingga akhirnya bisa Anda alokasikan sebagai dana pelunasan utang kartu kredit Anda tersebut.

2 dari 4 halaman

2. Segera Cari Kerja Freelance

Jika selama ini Anda bekerja dan mengandalkan sumber penghasilan dari satu tempat saja, maka tidak ada salahnya segera mencari kerja sampingan (freelance) guna mendapatkan penghasilan tambahan.

Cari dan temukan pekerjaan yang paling mudah untuk Anda lakukan dan bisa segera menghasilkan uang. Ada banyak pekerjaan yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, bahkan meski Anda hanya bekerja online saja dari rumah, misalnya menulis, menjadi pengajar les, dan lainnya.

3. Diskusikan dengan Pihak Bank

Jangan lupa untuk menghubungi pihak bank dan mendiskusikan masalah ini. Sampaikan secara detail masalah Anda dan mintalah saran kepada pihak bank terkait dengan sejumlah utang kartu kredit Anda.

Biasanya pihak bank akan memberikan keringanan dalam proses pembayaran tersebut, misalnya penghapusan bunga, pembayaran dengan cicilan tetap, dan sebagainya. Buatlah kesepakatan baru yang bisa Anda penuhi dengan baik, sehingga proses pelunasan kartu kredit Anda ini bisa berjalan dengan lancar.

3 dari 4 halaman

4. Berlakukan Kondisi Darurat

Meski masih memiliki sejumlah tabungan, akan sangat baik jika Anda memberlakukan kondisi darurat saja ketika Anda sedang menganggur. Artinya, aturlah pengeluaran Anda dengan ketat, sebagaimana layaknya ketika Anda hanya memiliki sejumlah dana darurat saja untuk bertahan hidup hingga kelak mendapatkan pekerjaan baru.

Mulailah melakukan penghematan di dalam keuangan dan pangkas semua biaya yang tidak perlu. Anda bisa melakukan ini dengan banyak cara, misalnya memasak sendiri, pindah ke ruma/kos yang lebih murah, menghentikan kebiasaan ngopi di kafe, dan lainnya.

5. Jual Aset yang Berharga

Jika Anda benar-benar tidak ingin dipusingkan dengan urusan tunggakan kartu kredit dan ingin segera melunasinya, maka menjual aset berharga Anda adalah pilihan yang paling tepat.

Anda bisa menjual motor, mobil, atau bahkan rumah Anda jika ternyata utang kartu kredit Anda memang sangat besar. Anda bisa melunasi utang-utang terlebih dahulu, setelah terbebas dari utang, barulah mengelola keuangan sebaik mungkin dan rencanakan kembali untuk memiliki aset yang telah dijual sebelumnya.

4 dari 4 halaman

6. Mintalah Bantuan pada Keluarga

Tidak ada salahnya meminta bantuan kepada keluarga Anda. Sampaikan masalah Anda dan mintalah saran pada mereka, barangkali mereka bisa membantu Anda menyelesaikannya, apakah itu meminjamkan uang, tinggal sementara di rumah orangtua, hingga dapat pekerjaan baru, dan lainnya.

Selesaikan dengan Langkah yang Tepat

Bagi Anda yang menganggur dan memiliki sejumlah utang kartu kredit, Anda mungkin kebingungan menghadapi kondisi keuangan. Hindari penunggakan atau bahkan kondisi pembayaran yang macet, sebab hal ini akan membuat Anda bermasalah di kemudian hari.

Cermati dan lakukan langkah yang tepat untuk melunasi utang kartu kredit, agar hal ini tidak mengganggu aktivitas Anda dalam mencari pekerjaan yang baru.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Individu Terkait Uang
Artikel Selanjutnya
3 Cara Menyiasati Ketakutan Saat Berinvestasi