Sukses

Cara Lunasi Tagihan Kartu Kredit dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Beberapa dari Anda mungkin menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan hingga keinginan. Kartu kredit sebenarnya membawa banyak keuntungan jika Anda dapat mengelolanya dengan baik. Anda dapat memiliki barang yang Anda inginkan tanpa harus membayarnya secara tunai.

Namun apa yang terjadi jika barang-barang yang Anda beli dengan kartu kredit sudah jatuh tempo masa pembayarannya? Anda tentu harus melunasi tagihan tersebut, berapapun jumlahnya.

Dilansir dari Forbes, di bawah ini terdapat beberapa langkah mudah agar Anda dapat melunasi seluruh tagihan tersebut dengan cepat.

1. Bayarkan jumlah tagihan Anda tepat waktu

Meskipun jumlahnya besar, itulah resiko yang harus Anda hadapi. Anda sudah menyiapkan diri untuk dapat membayar tagihan kartu kredit berapapun jumlahnya sesuai dengan yang Anda pakai, oleh karena itu menghindar dari pembayaran hanya akan memperbesar jumlah tagihan karena bunga yang diterapkan.

Jika Anda memiliki banyak kartu kredit, bayarlah satu per satu terlebih dahulu. Jangan lihat nominal saat digabungkan, karena itu hanya akan membuat Anda semakin ingin menghindar dari tagihan.

Tahan diri Anda untuk menunda pembayaran. Pikirkan bunga yang terus bertambah jika Anda menunda-nunda pembayaran.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Bayar tagihan dengan bunga paling tinggi

Anda dianjurkan untuk membayar tagihan kartu kredit dengan bunga paling tinggi terlebih dahulu, hal ini karena tagihan kartu kredit seperti ini lebih berbahaya ketika Anda lalai membayar tagihan setiap tenggat waktunya.

Sebuah studi menyatakan bahwa membayar tagihan kartu kredit paling rendah akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan santai karena jumlahnya yang kecil.

Padahal, ada tagihan yang jumlahnya lebih besar dan ketika Anda sudah merasa santai, bukan tidak mungkin Anda akan keteteran saat mengumpulkan uang untuk membayar tagihan yang lebih besar tersebut.

3. Bayarkan tagihan dua minggu sekali

Daripada membayar tagihan kartu kredit sebulan sekali, akan lebih baik jika Anda mengambil opsi pembayaran dua minggu sekali.

Ada dua kelebihan opsi pembayaran ini. Pertama, Anda dapat menurunkan saldo pokok dan menghemat biaya bunga. Kedua, Anda akan membayar 26 kali, yang mana jumlahnya lebih besar, namun jumlah ekstra tersebut nantinya akan membantu menurunkan saldo pokok Anda.

Anda juga dapat menggunakan bonus atau pengembalian pajak yang Anda miliki untuk membayar utang kartu kredit Anda. Tidak ada hukum spesifik mengenai hal ini, jadi tentu tidak masalah.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Gunakan kartu kredit dengan APR 0%

APR atau Tingkat Presentase Tahunan adalah suku bunga yang diterapkan pada kartu kredit Anda setiap tahunnya. Anda bisa membuat kartu kredit baru dengan APR 0% untuk membantu melunasi utang kartu kredit saat ini.

Anda hanya perlu memindahkan saldo kartu kredit lama Anda ke kartu kredit baru. Dengan begitu, Anda cukup membayar tagihan kartu kredit yang dimiliki tanpa bunga dan akan memiliki tambahan waktu untuk melunasi tagihan kartu kredit.

5. Manfaatkan Pinjaman Personal 

Anda dapat melakukan pinjaman personal untuk membantu membayar utang kartu kredit Anda. Besaran pinjamannya bervariasi, dan Anda harus membayar pinjaman dalam jangka waktu 2-7 tahun tergantung si pemberi pinjaman.

Syaratnya, Anda harus memiliki profil kredit yang kuat untuk meyakinkan si pemberi pinjaman. Jika dihitung, cara ini akan menghemat pengeluaran tagihan Anda.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Fitur yang Bikin Orang Tergoda Punya Kartu Kredit
Artikel Selanjutnya
Deretan Promo Kartu Kredit Terbaru 2019 dari Berbagai Bank