Sukses

Tips Cepat Kaya Buat Generasi Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup milenial yang terlalu banyak menghamburkan uang membuat mayoritasnya tidak dapat menabung. Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh GoBankingRates pada 2017 menemukan bahwa mayoritas generasi milenial memiliki tabungan kurang dari USD 1.000 atau setara Rp 14.09 juta dan saat ini semakin banyak yang tidak memiliki tabungan sama sekali.

Meskipun generasi milenial merupakan generasi muda namun penting bagi mereka untuk memulai menabung untuk menjaga kestabilan keuangan di masa depan. Milenial membutuhkan langkah yang nyata untuk menghemat lebih banyak uang untuk membangun masa depan. Untuk itu berikut adalah trik menabung untuk generasi milenial, mau tahu apa saja?

1. Memangkas Pengeluaran

Jangan lupa untuk mengatur jumlah pengeluaran selama sebulan ini. Anda dapat memisah-misahkan anggaran yang akan dikeluarkan, 50 persen dari penghasilan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok Anda. Setelah itu, 30 persen dapat Anda gunakan untuk memenuhi keinginan-keinginan, seperti berlibur, makan malam, atau bahkan untuk mendapatkan hiburan. Lalu sisanya dapat dipergunakan untuk menabung.

Sangat penting untuk mengaudit keuangan Anda sendiri, hal ini untuk melihat pengeluaran mana yang harus dipotong bahkan ditiadakan. Memangkas anggaran dibutuhkan ketegasan dan disiplin pada diri Anda karena hal ini mungkin akan terasa sulit.

Mulailah untuk menjalani gaya hidup sederhana, meskipun terasa sedikit pilu namun hal ini akan membuat akan bahagia di masa depan karena Anda tidak perlu takut akan terlilit hutang.

2 dari 4 halaman

2. Hindari menggunakan kartu kredit

Sangat penting untuk menghindari jeratan kartu kredit untuk pengeluara sehari-hari. Anda boleh menggunakan kartu kredit disaat berada dalam keadaan yang genting ataupun darurat.

Semakin sering Anda menggunakan kartu kredit sama saja Anda akan terjebak hutang yang akan melumpuhkan Anda di masa depan. Hiduplah sesuai kemampuan Anda, maka hal ini akan mempermudah dan membuat kehidupan masa depan Anda akan lebih baik lagi.

3. Hidup Hemat

Ketika generasi milenial yang dulunya hidup menjadi 'anak kos' dan baru lulus dari perguruan tinggi, maka mereka akan sering tergoda untuk memulai hidup lebih mewah disaat mereka memiliki pekerjaan.

Namun hal ini yang harus Anda hindari, tetap hiduplah dengan berhemat disaat Anda menjadi anak kos. Ini akan membantu Anda untuk dapat menabung dalam jumlah yang lebih besar.

3 dari 4 halaman

4. Hindari Membeli Mobil Baru

Saat ini mobil baru seperti kacang, yang selalu ada edisi terbaru di setiap tahunnya. Terkadang generasi milenial senang sekali untuk berlomba-lomba dalam membeli mobil edisi terbaru yang ada.

Jauh lebih bijaksana jika Anda membeli mobil yang berumur dua atau tiga tahun sebelumnya yang masih berada dalam keadaan baik. Hal iini akan membuat Anda menghemat uang dalam skala yang besar.

Yang terpenting untuk generasi milenial adalah untuk hidup sesuai kemampuan dan hindarilah untuk mengambil pinjaman ke orang lain ataupun ke bank. Perhatikan pengeluaran keuangan Anda, ini akan membuat kehidupan di masa depan Anda akan lebih baik dan sejahtera tanpa ada sangkut pautannya dengan hutang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perbedaan Kartu Ma’ruf dan Sandi di Debat Cawapres
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Milenial Ingin Pindah Kerja dalam 2 Tahun
Artikel Selanjutnya
Ingin Cepat Kaya? Lakukan 3 Trik Ini!