Sukses

Simak Cara Jitu Shopee Dongkrak Jumlah Transaksi

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan iklan dengan permainan emosi rupanya berpengaruh besar terhadap suatu merek. Shopee contohnya, dengan jingle dan iklan yang selalu dikenal, berhasil tingkatkan transaksi penjualan mereka.

Pada event Shopee Birthday Sale 12.12 saja platform online ini capai 12 juta transaksi di 7 negara hanya dalam waktu 24 jam. Di hari biasa, Shopee Indonesia layani 900 ribu transaksi per hari. Bukan tanpa alasan, branding dan marketing kuat diklaim menjadi kuncinya.

Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezky Yanuar menyebutkan, ada beberapa poin fokus Shopee dalam membuat iklan dan memasarkannya ke publik. Iklan harus atraktif (attractiveness), menempel diingatan konsumen (stickiness) dan layak dibagi kepada orang lain (shareable).

"Iklan yang kami buat sebagian besar berkesan di ingatan publik. Menarik, konsumen selalu mengingat nada iklan dan hingga ada yang share ulang video Shopee Blackpink di Youtube. Itulah yang saya kira membuat Shopee jadi brand nomor satu kepercayaan konsumen," jelas Rezky di sesi pemaparan WOW Brand Festive 2019 di Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Shopee sendiri merupakan platform jual beli online yang populer karena jingle, iklannya yang menarik dan promo yang diberikan mulai dari gratis ongkir hingga Goyang Shopee. Shopee memenangkan Gold Award kategori Healthcare, Propert and Consumer dengan sub kategori E-commerce di pesta brand seIndonesia, WOW Brand Festive 2019.

2 dari 3 halaman

BCA dan Shopee Permudah Pembayaran Belanja Online Lewat OneKlik

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Shopee Indonesia meluncurkan layanan baru yang memudahkan nasabah saat melakukan pembayaran belanja online. Layanan tersebut dinamakan OneKlik BCA.

Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono menyebutkan, pihaknya meluncurkan layanan tersebut sebab transaksi pembayaran dengan metode online, saat ini semakin diminati oleh masyarakat yang gemar berbelanja di portal e-commerce.

"Meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja secara online harus dibarengi dengan berbagai aiternatif pembayaran yang tidak hanya aman namun juga semakin memudahkan pembeli," kata dia dalam acara peluncuran di Menara BCA, Jakarta Pusat, Rabu (9/1/2019). 

OneKlik merupakan solusi baru bayar belanja online. Nasabah dapat Iangsung membayar pada aplikasi merchant hanya dengan satu kali klik. Cukup registrasi sumber dana dari rekening BCA, OneKlik dapat langsung digunakan untuk bayar belanja.

”Sekarang minat masyarakat sangat tinggi untuk belanja online, inovasi terbaru kami OneKlik ini, kami yakini dapat menambah kenyamanan masyarakat dalam melakukan pembayaran belanja online," ujar dia.

Dia menyatakan pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan e-commerce atau start up lainnya. Saat ini sudah ada beberapa yang menjajaki kerja sama serupa yaitu Gopay dan Blibli.

"Semuanya silahkan. Jadi siapapun juga yang mau kerja sama kita persilakan," tutur dia.

OneKlik pada saat pembayaran tidak membutuhkan kode OTP. Sebab sesuai namanya pembayaran hanya dilakukan dalam satu kali klik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif
Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Bambang Ingin Bisnis E-Commerce Menyasar ke Luar Jawa
Artikel Selanjutnya
Kepala Bappenas Ungkap Alasan Banyak Investor Masuk Bisnis E-Commerce