Sukses

10 Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar di Hari Senin

Berikut tips cara merawat tubuh agar tetap bugar hadapi hari Senin.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pekerja paling produktif di dunia. Karena hampir kebanyakan masyarakatnya menghabiskan waktu untuk bekerja. Akhir pekan pun masih banyak yang bekerja. Hari Senin pun menjadi berat untuk dijalani, sehingga membuat Anda membenci hari Senin!

Suka sebel kalau hari Minggu kenapa cepat banget habisnya? Sedangkan besoknya sudah Senin lagi. Padahal waktu kita buat sampai ke Hari Minggu lama banget ya rasanya.

Ya, hari Senin memang sering terasa berat untuk dijalani. Karena Anda merasa masih ingin santai-santai di rumah, kan? Rasanya malas sekali menerima kenyataan harus kembali ke rutinitas biasanya, menerima banyak kerjaan, atau mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Belum lagi, harus merasakan berdesakan di dalam kereta atau macetnya jalanan ibu kota di hari Senin. Rasanya berat sekali, kan?

Nah, mau sampai kapan Anda menjadi orang yang membenci hari Senin? Padahal hari Senin tak salah apa-apa. Tenang aja, berikut tips cara merawat tubuh agar tetap bugar hadapi hari Senin, agar Senin Anda lebih terasa menyenangkan dan merasa lebih fresh menjalani aktivitas Anda.

Apa aja ya kira-kira? Dikutip dari TunaiKita, berikut uraiannya:

1. Jangan Terlalu Mengagungkan Weekend

Weekend memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu semua orang. Karena saat itulah Anda bisa melupakan beban pekerjaan dan bersenang-senang.

Anda tahu tidak? Semakin merasa tertekan pada pekerjaan dan sangat menanti akhir pekan, itu justru akan membuat Anda makin stres. Mulailah dengan jangan terlalu menunggu akhir pekan, toh weekend pasti akan datang juga, kok!

Agar Senin Anda tidak terlalu mengharu-biru, Anda bisa memulai dengan merubah kebiasaan. Anda bisa menjadwalkan kegiatan asik di tengah hari kerja.

Tidak perlu membuat rencana yang terlalu repot, cukup makan malam bersama teman saja itu akan menyenangkan, lo. Yang penting ada hal yang Anda bisa nantikan selain weekend.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Play Hard, Rest Well

Pada akhir pekan Anda mempunyai 2 hari libur. Anda bisa memilih satu hari saja untuk Anda bersenang-senang. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan dan sampai jam berapapun.

Di hari berikutnya, Anda hanya tinggal diam di rumah dan beristirahat. Jika memang ingin tetap melakukan kegiatan, Anda bisa mengundang teman-teman untuk sekadar mengobrol atau menonton film bersama. Kalau Anda terlalu menghabiskan waktu di luar, yang ada malah kelelahan dan malas menyambut hari Senin.

3. Hindari Tidur Sampai Terlalu Siang

Godaan untuk tidur lebih lama di akhir pekan memang sulit untuk ditolak, tapi tidur terlalu lama justru akan membuat pusing dan lemas, lo.

Walau sedang libur, cobalah untuk tetap bangun sesuai jadwal setiap hari. Dengan begitu, Anda akan tetap merasa penuh energi untuk menjalani akhir pekan. Waktu libur tidak harus digunakan untuk malas-malasan, kan?

3 dari 6 halaman

4. Siapkan Hal yang Anda Perlukan Malam Sebelumnya

Tidak ada salahnya untuk Anda mengatur keperluan malam sebelumnya, kenapa? Agar rasa sebal terhadap hari Senin tidak terlalu berlebih.

Siapkan semua berkas dan peralatan di samping tempat tidur Anda, agar esok paginya tidak perlu kelabakan menyiapkan barang-barang yang harus Anda bawa.

Anda tahu tidak? Mempersiapkan kebutuhan hari Senin di malam sebelumnya dapat mengurangi tingkat stres di pagi hari. Anda bisa punya waktu lebih banyak untuk membuat sarapan, juga bisa meningkatkan mood, lo.

5. Tidur Cukup dan Bangun Lebih Pagi di Hari Senin

Anda harus mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk menyambut Senin. Jangan tidur terlalu malam di hari Minggu. Pasang alarm agar Anda tidak terlambat bangun, yang ada Anda malah mengacaukan jadwal yang telah Anda atur sedemikian rupa.

Bangun lebih awal di hari Senin juga bisa jadi pilihan yang bagus, Anda jadi punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri atau Anda bisa menyiapkan sarapan sebelum berangkat ke kantor atau kampus.

4 dari 6 halaman

6. Sarapan Dulu Sebelum Memulai Aktivitas

Mengawali hari dengan perut keroncongan dan menahan lapar bukan hal yang tepat, ya! Supaya hal ini tidak terjadi, penuhi kebutuhan nutrisi Anda sebelum melakukan kegiatan.

Karena sesibuk apapun Senin Anda, selalu usahakan untuk sarapan. Sarapan akan membuat energi akan terisi, sehingga Anda tidak lesu dan letih. Anda bisa sarapan dengan minum jus atau teh hangat, serta roti isi.

7. Putar Musik Penambah Semangat

Putarlah musik favorit saat Anda sedang bersiap ke kantor atau pada saat mandi. Kalau Anda suka nyanyi, tidak ada salahnya bernyanyi mengikuti alunan musik. Anda juga bisa menggerakan badan mengikuti irama untuk meningkatkan mood.

Dan juga bisa putar lagu sepanjang perjalanan Anda menuju ke kantor atau kampus. Dijalan pasti Anda akan menemukan yang namanya macet. Agar macet tidak merusak mood, putarlah lagu favorit Anda!

5 dari 6 halaman

8. Berolahraga Sebelum Beraktivitas

Tahukah Anda? Berolahraga sebelum melakukan aktivitas dapat meningkatkan hormon endorphin yang berpengaruh terhadap kebahagian sepanjang hari.

Menyisihkan waktu untuk menggerakan badan dan berolahraga di pagi hari sangatlah penting untuk Anda tetap bugar dan tetap semangat menghadapi hari Senin. Jangan jadikan kesibukan menjadi alasan, ya.

9. Keluarkan Penampilan Terbaik

Ingin Senin yang lebih menyenangkan? Anda bisa melakukan hal sederhana untuk mewujudkannya. Mulailah berhias diri untuk mendapatkan penampilan terbaik.

Anda bisa mix and match penampilan agar terlihat lebih cantik dan menarik. Karena beraktivitas dengan penampilan menarik akan meningkatkan semangat dan membuat Anda tampak lebih siap menjalani hari. Orang-orang yang melihat penampilan Anda pun akan senang melihatnya, bukan?

6 dari 6 halaman

10. Hadiahi Diri Sendiri Di Akhir Hari

Tidak ada salahnya Anda menghadiahi diri sendiri, setelah apa yang Anda lalui begitu berat dan berliku di hari Senin.

Selepas jam kantor, Anda bisa membeli es krim favorit atau makan enak seperti steak yang sudah diidamkan. Jika waktu gajian belum tiba? Anda bisa pulang dan menonton ulang serial TV favorit.

Lakukan apapun yang membuat Anda senang, Anda berhak mendapat hadiah karena sudah berhasil melalui kemalasan melawan hari Senin.

Ubah 'I hate Monday' jadi 'I Love Monday'

Setelah Anda mengetahui cara merawat tubuh agar tetap bugar hadapi hari Senin. Anda bisa menerapkannya di kehidupan.

Bisa dipastikan tidak ada lagi rasa malas pada diri Anda untuk menghadapi hari Senin. Hari Senin Anda akan jauh lebih menyenangkan. Semoga hari-hari Anda akan selalu menyenangkan, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini