Sukses

Begini Cara Liburan Seru dan Edukatif di Museum

Liputan6.com, Jakarta - Liburan di museum sering dikatakan liburan yang membosankan dan tidak menarik. Padahal banyak sekali yang bisa kita eksplor dan kita pelajari di museum.

Anda juga tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke museum, di Jakarta ada banyak sekali museum yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan, lo!

Anda tentu suka bingung untuk menentukan kegiatan apa yang seru untuk dilakukan di akhir pekan, bukan? Baik itu bersama keluarga, teman-teman, ataupun bersama pasangan.

Selain jalan-jalan ke mal, tidak ada lagi yang menarik dikunjungi di sekitaran Jakarta. Padahal, Jakarta punya banyak museum yang bisa Anda dikunjungi.

Karena pergi ke museum selalu diidentikan dengan wisata yang membosankan, sehingga minat masyarakat untuk pergi ke museum sangatlah kurang. Padahal, di dalam museum gak melulu membosankan, ada banyak hal menarik yang bisa Anda pelajari dan eksplor lebih jauh lagi. Tenang, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk mengunjungi museum, lo.

Nah, sebelum pergi ke museum, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi museum, berikut informasinya untuk Anda, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Ketahui Keuntungan dari Tiket Museum

Anda harus perhatikan lagi ketika membeli tiket museum, biasanya tiket ini tidak hanya untuk masuk, tetapi juga memiliki beberapa keuntungan lain.

Beberapa museum mencantumkan keuntungan di dalam tiketnya. Biasanya semua dijelaskan di bagian belakang tiket. Untuk itu, jangan langsung buang tiket Anda, ya!

Baca dulu dan dapatkan keuntungan lain. Keuntungan biasanya berupa, akses tambahan untuk masuk ke museum lain, sampai potongan harga di tempat-tempat tertentu.

2. Cek Jam Operasional

Biasanya jam operasional museum antara dari pukul 10.00 sampai pukul 15.00, tetapi setiap museum mempunyai jam operasional yang berbeda.

Untuk itu, Anda harus sering mengecek jadwal jam operasional dari museum yang akan dikunjungi. Bisa jadi pada hari tersebut museum sedang libur, jadi jangan sampai waktu terbuang sia-sia karena museum yang Anda kunjungi sedang libur.

2 dari 9 halaman

3. Langganan Newsletter

 Jika Anda suka sekali pergi ke museum, Anda bisa berlangganan newsletter. Jika Anda masih belum akrab dengan apa itu newsletter, newsletter merupakan alat komunikasi yang digunakan seorang/sekelompok humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusan bisnisnya.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kegiatan ter-update apa saja yang dilakukan di museum tersebut. Jika ada kegiatan yang menarik, Anda bisa jadi orang pertama yang mengetahui dan datang kesana, seru kan?

4. Ekstra Kreatif Datang dengan Anak-anak

Mengunjungi museum bersama anak-anak memang menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, anak-anak akan sangat bersemangat jika museum menyajikan pameran yang seru. Biasanya di museum juga banyak kegiatan yang dibuat untuk anak-anak juga agar mereka tidak merasa bosan selama berkunjung.

3 dari 9 halaman

Daftar museum di sekitaran Jakarta

Nah, jika Anda sudah mengetahui beberapa hal sebelum berkunjung ke museum. Berikut beberapa rekomendasi museum-museum yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan di sekitaran Jakarta.

1. Museum Nasional/Museum Gajah

Museum di Jakarta yang satu ini dulunya disebut Museum Gajah, karena adanya patung gajah yang sangat ikonik di luar gedung museum ini.

Di dalam Museum Nasional, Anda bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia. Hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Di Museum Nasional, banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh nusantara, yaitu arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya, serta barang-barang kerajinan. Museum Nasional berlokasi di Jalan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Harga Tiket Museum Nasional

Pengunjung Perorangan

- Dewasa: Rp 5 ribu

- Anak-anak: Rp 2 ribu

Pengunjung Rombongan (minimum 20 orang)

- Dewasa: Rp 3 ribu

- Anak-anak (TK s.d. SMA): Seribu rupiah

Pengunjung Asing: Rp 10 ribu

Jam Operasional Museum Nasional

Selasa - Jumat: Pukul 08.00 - 16.00

Sabtu - Minggu: Pukul 08.00 - 17.00

4 dari 9 halaman

2. Museum Bank Indonesia

Museum ini berlokasi di Jalan Jembatan Batu No. 3, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Anda bisa mengunjungi Museum Bank Indonesia untuk mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia.

Museum Bank Indonesia adalah tempat yang tepat untuk melihat diorama metode perbankan pada masa lampau juga perjalanan perbankan di Indonesia. Termasuk saat Indonesia mengalami krisis moneter.

Harga Tiket Museum Bank Indonesia: Rp 5 ribu per orang

Jam Operasional Museum Bank Indonesia

Selasa - Jumat: Pukul 07.30 - 15.30

Sabtu - Minggu: Pukul 08.00 - 16.00

5 dari 9 halaman

3. Museum Fatahillah

Masih berlokasi sama seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah berada di Kota Tua. Museum ini dulunya merupakan bekas kantor gubernur Batavia.

Anda bisa melihat berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia, termasuk penjara bawah tanah yang ada di bawah gedung Museum Fatahillah.

Harga Tiket Museum Fatahillah

- Dewasa: Rp 5 ribu

- Anak-anak: Rp 2 ribu

Jam Operasional Museum Fatahillah

Selasa - Minggu: Pukul 09.00 - 15.00

6 dari 9 halaman

4. Museum Wayang

Museum Wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Selain dari Indonesia, ada juga wayang dari luar Indonesia, seperti wayang dari Cina dan Kamboja.

Museum yang berlokasi di Jalan Lada No. 23, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat ini, hingga kini memiliki koleksi lebih dari 4 ribu buah wayang. Museum Wayang ini sangat menarik untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Harga Tiket Museum Wayang: Rp 5 ribu per orang

Jam Operasional Museum Wayang

Selasa - Jumat: Pukul 09.00 - 15.00

Sabtu - Minggu: Pukul 09.00 - 20.00

7 dari 9 halaman

5. Museum Layang-Layang

Museum Layang-layang menjadi salah satu museum yang menarik, karena museum ini memamerkan berbagai kreasi layang-layang dari Indonesia.

Anda juga bisa menciptakan layang-layang kreasi sendiri di Museum ini. Lokasi museum ini terletak di Jalan Haji Kamang No. 19, Pondok Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Harga Tiket Masuk Museum Layang-layang: Rp 15 ribu

Jam Operasional Museum Layang-layang

Setiap hari: Pukul 09.00 - 16.00 (kecuali libur nasional)

8 dari 9 halaman

6. Museum Seni Rupa/Museum Keramik

Sama seperti Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa atau Museum Keramik juga berada di kawasan Kota Tua.

Museum ini menampilkan berbagai karya seni rupa Indonesia, baik yang tradisional maupun modern. Berbagai karya seniman legenda seperti Affandi dan mantan gubernur Jakarta Henk Ngatung juga dipamerkan di museum ini. Museum ini berada di Jalan Pos Kota, Jakarta Barat.

Harga Tiket Museum Keramik: Rp 5 ribu per orang

Jam Operasional Museum Keramik

Selasa, Rabu, Kamis, Minggu: Pukul 09.00 - 15.00

Jumat: Pukul 09.00 - 14.30

Sabtu: Pukul 09.00 - 12:30

9 dari 9 halaman

7. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang biasa disebut Monas, merupakan ikon Kota Jakarta. Di dalam Monumen Nasional, berisikan diorama perjuangan dan sejarah Republik Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa naik ke puncak Monas untuk melihat kota Jakarta. Anda bisa mengunjungi Monas di Gambir.

Harga Tiket Monumen Nasional

- Dewasa: Rp 5 ribu

- Mahasiswa: Rp 3 ribu

- Anak-anak: Rp 2 ribu

Jam operasional Monumen Nasional

Selasa - Jumat: Pukul 08:00 - 16.00

Sabtu - Minggu: Pukul 08:00 - 16:00

Liburan di Museum Masih Bisa Asik Tanpa Mengeluarkan Kocek Banyak

Museum menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mengisi liburan dan menambah wawasan. Mengisi liburan tidak harus selalu pergi ke mal atau tempat rekreasi lainnya. Dengan pergi ke museum Anda akan banyak mengeksplor dan belajar lebih banyak lagi mengenai sejarah terdahulu.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Situs Tempat Kamu Bisa Belajar Coding Secara Gratis
Artikel Selanjutnya
Perhatikan 6 Hal Ini Agar Liburan Bersama Keluarga Besar Lebih Seru dan Berkesan