Sukses

Ramen hingga Patah Hati, 6 Museum Paling Unik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang suka belajar, museum ada tempat yang sempurna untuk menambah pengetahuan. Namun, tidak semua museum didedikasikan untuk seni, sejarah, atau sains.

Museum-museum ini justru berisi benda-benda yang tak biasa yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Apa saja? Dilansir dari Shared.com, ini dia.

1. Museum Ramen, Jepang

Jika Anda pernah makan semangkuk mie ramen, Anda akan mengakui rasanya yang amat lezat. Museum in dibangun untuk menghormati Momofuku Ando, pencipta hidangan ini yang berjuang agar ramen terjangkau bagi orang miskin setelah PD II.

Museum Ramen Instan Momofuku Ando tak hanya menampilkan tiap produk mie instan Nissin yang pernah dibuat, tapi pengunjung juga diperbolehkan membuat ramen sendiri di dapurnya serta mendesain kemasannya yang unik.

 

2 dari 6 halaman

2. Museum Kecantikan Abadi, Malaysia

Standar kecantikan tiap tempat itu berbeda. Museum Kecantikan Abadi berisi koleksi sejauh mana upaya orang-orang dari berbagai budaya berusaha untuk dianggap cantik.

Museum ini menampilkan tren kecantikan dari zaman kuno hingga yang kini populer. Ini termasuk tradisi mengikat kaki, cincin leher, dan menyelipkan cakram bundar ke bibir yang dilubangi.

 

3 dari 6 halaman

3. Museum Bawah Laut Cancun, Meksiko

Museum ini memiliki lebih dari 500 patung di dasar laut. Potongan-potongan karya seni berfungsi sebagai tempat bertumbuhnya terumbu karang. Anda bisa melihat patung-patung indah ini dengan scuba diving, snorkeling, atau lewat kaca di atas kapal.

 

4 dari 6 halaman

4. Museum Mata-Mata, Amerika Serikat

Jika Anda penyuka film mata-mata, Anda akan menyukai museum ini. Museum ini memiliki koleksi artefak spionasi terbesar di dunia yang telah digunakan sepanjang sejarah.

Ini termasuk kamera mini, uang palsu, senjata terselubung, dan mesin sandi yang digunakan agen sungguhan saat bekerja. Anda juga bisa berpartisipasi dalam petualangan mata-mata interaktif dengan memecahkan sandi lewat foto bersejarah dan wawancara video.

 

5 dari 6 halaman

5. Museum Mumi, Meksiko

Jika Anda tak suka berada di sekitar mayat, Museum Mumi di Meksiko tidak cocok untuk Anda. Pada pertengahan abad ke-19, kebanyakan orang tak mampu membayar biaya pemakaman untuk orang yang mereka cintai sehingga mayat-mayat itu dimasukkan ke dalam ruang bawah tanah.

Mayat-mayat itu secara alami dimumikan, kemungkinan besar karena iklim panas dan kering negara tersebut. Kini, terdapat lebih dari 100 kerangka dipajang, termasuk mumi bayi hingga manula.

 

6 dari 6 halaman

6. Museum Patah Hati, Kroasia

Museum ini cocok bagi Anda yang ingin memulihkan hati yang hancur setelah putus hubungan. Uniknya, museum ini menerima sumbangan dari orang-orang yang ingin melepaskan diri dari barang-barang yang mengingatkan mereka pada mantan mereka.

Mereka bahkan menambahkan deskripsi tentang berapa lama hubungan itu berlangsung dan mengapa benda itu memiliki arti penting.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
IMA 2019 Ajak Generasi Milenial Mencintai Museum
Artikel Selanjutnya
Starbucks Mengajak Mengunjungi Museum dengan Cara Menyenangkan