Sukses

Harga Tomat Terpantau Turun, tapi Bawang Putih Merangkak Naik

Setelah hampir satu bulan harga tomat melonjak tinggi, saat ini harga tomat perlahan mulai turun di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hampir selama satu bulan harga tomat naik, saat ini harga tomat perlahan mulai turun di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Penurunan ini terjadi beberapa hari menjelang perayaan Imlek atau Tahun Baru China. 

Hal ini dibenarkan oleh para pedagang. Mulki, salah satu pedagang sayur di Pasar Pondok Gede, mengatakan bahwa sebelumnya harga tomat sempat mencapai angka Rp 18 ribu per kilogram (kg).

“Tomat udah mulai turun sejak empat hari lalu, sekarang jadi Rp 13 ribu per kg,” ujarnya pada Liputan6.com di Pasar Pondok Gede pada Senin (4/2/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pedagang lainnya. “Tomat sudah jadi Rp 13 ribu per kg,” jelas Johan yang juga merupakan pedagang sayuran yang ditemui Liputan6.com di pasar tersebut.

Tidak hanya tomat saja, Johan pun menambahkan saat ini harga cabai merah keriting dan bawang merah pun turun dan cenderung stabil di Rp 25 ribu per kg.

“Cabai sama bawang udah murah,” ungkapnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang Putih

Sayangnya hal yang berbeda terjadi pada bawang putih cutting. Barang ini sudah mengalami kenaikan harga semenjak sepekan dan cenderung akan terus naik secara perlahan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

“Bawang putih cutting malah mau naik lagi, sekarang Rp 32 ribu per kg,” ujarnya.

Namun sayangnya, penurunan harga pada beberapa barang tersebut tidak berdampak banyak pada peningkatan pembeli. Johan pun mengatakan bahwa jumlah pembeli saat ini menurun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.