Sukses

Musim Hujan, Harga Tomat Masih Tinggi

Jelang akhir pekan ini, harga bawang merah dan cabai turun, tapi tomat masih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun harga bawang merah dan cabai rawit merah sudah berangsur turun, tapi sudah hampir dua pekan ini harga tomat tidak kunjung turun.

Hal ini disampaikan oleh beberapa pedagang yang ada di Pasar Pondok Gede, Bekasi, pada Jumat (25/1/2019).

"Harga tomat merah masih naik, belum turun juga. Musim hujan jadi tomatnya cepat busuk, maka dari itu harganya mahal." ujar Mulki saat berbincang dengan Liputan6.com.

 

Saat ini harga tomat merah masih berada di kisaran Rp 18 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya, harga tomat berada di kisaran Rp 14 ribu per kg. Ini berarti, kenaikan harga tomat mencapai Rp 4 ribu per kg.

Selain tomat, harga bawang putih cutting juga naik sekitar Rp 5.000. Saat ini harganya mencapai Rp 32 ribu per kg, yang sebelumnya Rp 27 ribu per kg. Namun, kenaikan ini tidak terjadi untuk harga bawang putih biasa yang masih stabil di harga Rp 23 ribu per kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hal ini berbeda dengan harga bawang merah dan cabai yang berangsur-angsur turun.

"Sudah selama sepekan ini harga bawang merah dan cabai rawit merah mengalami penurunan" ujar Johan, salah satu pedagang di Pasar Pondok Gede yang ditemui Liputan6.com.

Saat ini harga bawang merah yaitu Rp 26 ribu per kg, sedangkan sebelumnya harga bawang merah mencapi Rp 30 ribu per kg. Begitu juga dengan harga cabai rawit merah saat ini sudah menginjak Rp 33 ribu per kg, yang sebelumnya sempat mencapai Rp 38 ribu per kg.

Komoditas sayur lainnya juga berada di harga yang normal, hanya harga wortel sajalah yang mengalami penurunan harga menjadi Rp 12 ribu dari Rp 16 ribu per kg. Penurunan harga ini sudah terjadi selama 5 hari belakangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.