Sukses

7 Cara Bisa Jadi Diri Sendiri tapi Tetap Profesional

Liputan6.com, Jakarta - Saat bekerja, semua orang pasti dituntut untuk profesional. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang bisa dengan mudah bersikap profesional, apalagi tanpa meninggalkan personalitas mereka.

Sementara di lain sisi, jika Anda kehilangan personalitas atau tidak menjadi diri sendiri, maka Anda tentu tidak akan merasa nyaman, bukan?

Saat Anda kehilangan jati diri, maka bisa dipastikan Anda akan “lelah” dan tidak merasa nyaman dengan kondisi kantor. Padahal jika sedikit jeli, maka Anda bisa saja bersikap profesional dengan tetap menjadi diri sendiri.

Hal ini tidak akan sulit untuk dilakukan, terutama jika sejak awal Anda sudah membiasakan diri dengan langkah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi diri sendiri dengan tetap profesional, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bersikap Ramah dan Mudah Tersenyum

Tentu saja, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi profesional namun tetap menjadi diri sendiri adalah dengan selalu bersikap ramah dan mudah tersenyum.

Sikap yang ramah dan juga mudah senyum menjadi salah satu bukti yang menunjukkan rasa nyaman Anda dengan lingkungan sekitar. Bersikap ramahlah pada orang-orang di kantor dan biasakan untuk lebih mudah tersenyum.

Hal ini akan menimbulkan sinyal positif, sehingga orang lain juga bisa melakukan sikap yang sama kepada Anda. Pada dasarnya senyum merupakan salah satu hal alami yang menunjukkan perasaan yang sesungguhnya.

Setidaknya, dengan tersenyum, Anda juga akan merasa rileks dan lebih tenang memasuki lingkungan kerja dan berbaur dengan orang-orang yang memiliki karakter berbeda-beda.

2 dari 4 halaman

2. Lakukan Gerak-gerik Tubuh yang Tepat

Bukan hanya ketika melakukan kontak atau bahkan percakapan saja, orang lain bahkan bisa menilai Anda dari body languange yang Anda tunjukkan.

Rasa tidak nyaman, tertutup, tidak bersahabat, atau kurang percaya diri yang terlihat dari body languange Anda bisa saja membuat orang-orang menjaga jarak dari Anda.

Hindari kondisi tersebut. Biasakanlah untuk merasa nyaman dan tenang selama berada di kantor, sehingga secara otomatis body languange Anda juga menunjukkan hal yang sama kepada orang-orang di sekitar Anda.

3. Kenali dan Tentukan Ingin Seperti Apa Anda Terlihat (Personal Branding)

Seperti apa Anda ingin dikenal dan diperlakukan? Anda wajib memiliki gambaran yang jelas terkait dengan hal ini, sebab personal branding Anda akan menjadi salah satu penentu sikap orang-orang yang ada di lingkungan kantor tersebut kepada Anda.

Bangunlah personal branding yang tepat, di mana Anda menjadi diri sendiri dan dalam level yang tetap profesional. Jangan sampai bersikap “abu-abu” atau bahkan kaku, sebab hal ini juga bisa saja membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi bingung dalam bersikap.

3 dari 4 halaman

4. Mengenal dan Memahami dengan Baik Lingkungan Kerja

Di mana Anda bekerja dan bagaimana budaya kerja di kantor tersebut? Kedua hal ini menjadi pertanyaan dasar yang perlu Anda pahami dengan baik, sehingga Anda bisa menentukan cara bersikap yang paling tepat.

Sangat penting bagi Anda untuk mengenal lingkungan kerja Anda dengan baik, termasuk orang-orang yang ada di dalamnya. Pahami juga budaya kerja yang diterapkan di dalam kantor, sehingga Anda lebih mudah untuk membawa diri dan nyaman dengan kondisi lingkungan kantor.

5. Tetap Menghargai Diri Sendiri

Apapun tantangan yang akan Anda hadapi ketika bekerja, pastikan Anda tetap menghargai diri sendiri. Jangan biasakan untuk “mengecilkan” diri Anda atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Sebab hal ini akan membuat Anda terpuruk dan merasa tidak nyaman selama bekerja.

Tetaplah hargai diri Anda sendiri. Dengan begitu, orang lain juga akan melakukan hal yang sama.

4 dari 4 halaman

6. Bangunlah Komunikasi yang Baik

Dalam bekerja, Anda tentu akan membutuhkan komunikasi yang baik dengan orang-orang di lingkungan kantor Anda. Sangat penting untuk membangun komunikasi yang efektif dan profesional, sehingga Anda bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Biasakan untuk membangun komunikasi yang tepat dengan orang-orang di lingkungan kantor Anda. Sebab hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah menyesuaikan diri di sana.

7. Berbagi Hal-Hal yang Positif

Mencari topik perbincangan yang menarik kerap menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, terutama jika Anda ingin tetap profesional. Menggosipkan orang lain tentu bukan hal yang baik, bahkan meski itu berkaitan dengan lingkungan kantor.

Akan sangat tepat jika Anda mulai berbagi hal-hal yang positif saja, sehingga orang-orang yang mendengarnya juga bisa meresponsnya dengan baik.

Ciptakan Perasaan Nyaman dan Tenang Selama Bekerja

Untuk tetap profesional tanpa kehilangan personalitas, Anda tentu akan membutuhkan cara yang tepat. Mulailah hal ini dengan membiasakan diri nyaman dan tenang selama bekerja, sehingga Anda bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini juga akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah bekerja profesional tanpa kehilangan personalitas Anda sendiri.

Masuk 20 Besar, Baim Wong Ungguli Atta Halilintar

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kamu Anak Kos? Lakukan Ini agar Tetap Bertahan di Tanggal Tua
Artikel Selanjutnya
Punya Usaha? Begini Cara Mudah dan Murah Promosikan Bisnis Anda