Sukses

5 Cara Buktikan Diri sebagai Karyawan Profesional

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan agar menjadi karyawan profesional di kantor

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seseorang yang bekerja di kantor, sikap profesional adalah hal mutlak yang harus Anda perhatikan. Sikap profesional berkaitan dengan penilaian seseorang mengenai cara Anda bekerja. Meskipun Anda tidak harus memikirkan penilaian buruk orang lain, penilaian tersebut bisa digunakan sebagai cerminan diri bagi Anda agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Naiknya jabatan seseorang di kantor juga dipengaruhi sikap profesionalnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana pandangan orang di sekitar mengenai Anda. Untuk membentuk diri menjadi karyawan profesional, Anda tidak harus mencari muka. Sebab banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan agar menjadi karyawan profesional di kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ringan Membantu

Sifat ringan membantu menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang dermawan. Bukan hanya itu, Anda juga akan terlihat memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih. Mulailah peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa capat tanggap menawarkan bantuan kepada rekan kerja.

Hindari sikap individualisme. Akan tetapi, jangan lupa untuk memerhatikan etika dalam menolong seseorang. Jangan menolongnya dengan cara yang tidak wajar karena bisa membuat Anda terkesan menginginkan sesuatu darinya atau bahkan terkesan pamer. Karena itu, bantulah rekan Anda sewajarnya, terlebih lagi jika sedang berada dalam keadaan terdesak. (Baca Juga: Penyakit yang Rentan Dialami Karyawan Kantoran dan Cara Mencegahnya)

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tidak Membedakan Orang dalam Melakukan Kebaikan

Poin ini sangat penting untuk Anda pahami. Melakukan kebaikan bukan untuk digunakan sebagai ajang pamer. Biarlah kebaikan Anda terbayar oleh respons positif sekeliling Anda.

Jangan hanya berbuat baik di depan atasan. Berbuat baiklah karena memang Anda ingin melakukannya bukan untuk mendapatkan pujian dari atasan. Memang memiliki citra yang unggul di mata atasan adalah penting. Namun, Anda tidak bisa berada di lingkungan kerja yang tidak menyukai Anda karena sisi penjilat Anda.

3. Ikuti Komunitas Kantor

Bergabung dengan komunitas kantor juga dapat membuat Anda lebih jauh mengenal rekan kerja, baik kepribadiannya maupun pengalamannya. Karena itu, tunjukkanlah bahwa Anda benar-benar ingin mengenal mereka.

Selain itu, ikut dalam komunitas kantor juga dapat mempererat hubungan Anda dengan rekan kerja sehingga akan semakin nyaman bagi Anda untuk bekerja. Sebab sejatinya mereka yang bekerja dengan Anda adalah orang yang dekat dengan Anda. (Baca Juga: ‘Karyawan Fresh Graduate’ Juga Perlu Punya Kartu Kredit, Kenapa?)

3 dari 3 halaman

4. Tunjukkan Performa Terbaik

Meskipun sudah diterima untuk bekerja, pihak kantor tentunya ingin mengetahui kemampuan Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan terbaik Anda melalui pekerjaan yang diberikan.

Biasanya hal yang berhubungan dengan performa kerja Anda adalah seberapa dekat pekerjaan itu terselesaikan sesuai dengan deadline. Biasakan untuk tidak bekerja karena menunggu deadline sehingga Anda bisa membuktikan bahwa Anda bukanlah seorang yang suka menunda-nunda pekerjaan.

Selain itu, biasakan menyelesaikan pekerjaan dengan rapi, tepat, dan sesuai. Hal ini untuk menghindari mengerjakan pekerjaan yang sama berulang-ulang. Dan ingat, jangan mengeluh!

5. Perhatikan Penampilan dan Gestur Tubuh

Penampilan dan gestur tubuh adalah dua hal yang berbeda, tapi mirip. Penampilan lebih mengarah pada bagaimana cara Anda berpakaian dan mengenakan segala sesuatu yang melekat pada tubuh Anda. Sementara gestur berhubungan dengan cara Anda melakukan segala sesuatu. Dengan kata lain, gestur berhubungan dengan gerak-gerik Anda.

Dalam dunia kantor, berpakaianlah sebagaimana peraturan yang diterapkan kantor. Jangan berpakaian yang berlebihan atau bahkan tidak memerhatikan penampilan. Bagaimanapun juga, penampilan adalah penilaian pertama bagi Anda. Setelahnya adalah gestur.

Jangan menjadi pribadi yang sulit tersenyum. Sebab senyuman bisa dijadikan sebagai alat pencair suasana. Murah senyum menunjukkan bahwa Anda pribadi yang terbuka untuk menerima orang baru dan ide-ide baru.

Karyawan yang Profesional Ditentukan Diri Sendiri

Sadar atau tidak, ternyata menjadi karyawan profesonal ditentukan Anda sendiri. Entah itu melalui sifat ataupun cara kerja. Karena itu, biasakanlah untuk menjadi pribadi yang positif, yang tidak menunda-nunda untuk menolong, tidak menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan, dan tidak sulit tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini