Sukses

Biar Rekan Kerja Terinspirasi, Lakukan 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja sama dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi dalam sebuah tim. Anda dan rekan kerja akan memiliki sejumlah tanggung jawab, di mana kinerja terbaik Anda akan dibutuhkan.

Berbagai tugas ini bisa saja sulit dan penuh tantangan, sehingga dibutuhkan kemampuan terbaik dan sikap yang profesional dari Anda dan rekan kerja Anda. Tidak selalu berjalan dengan mulus, sesekali berbagai tantangan bisa saja membuat Anda dan rekan kerja Anda menjadi tidak bersemangat.

Semua ini tentu harus diatasi dengan cara-cara yang tepat, bukan? Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri ketika menghadapi masa-masa yang sulit, dan tentunya Anda juga.

Saat Anda bisa mengatasi masa-masa yang sulit dan tetap menikmati pekerjaan Anda dengan baik, maka hal yang sama juga bisa berimbas pada rekan kerja serta lingkungan kerja itu sendiri.

Sikap positif Anda bisa saja menginspirasi rekan kerja atau bahkan orang lain yang mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Jadi, lakukan enam cara ini agar rekan kerja Anda terinspirasi, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membangun Hubungan yang Sehat

Untuk bisa bekerjasama dengan baik, jelas akan dibutuhkan hubungan yang baik antara Anda dan juga rekan kerja Anda. Hal ini berlaku untuk semua lini, baik itu untuk atasan atau bawahan Anda.

Jika Anda mampu membangun hubungan kerja yang sehat dengan rekan kerja, maka Anda secara tidak langsung mengajak mereka untuk menikmati hubungan kerja yang baik dan nyaman. Hal seperti ini bisa berdampak positif bagi kinerja Anda, termasuk rekan-rekan kerja Anda.

2 dari 4 halaman

2. Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kinerja yang maksimal akan lebih mungkin tercipta di lingkungan kerja yang nyaman dan profesional. Lingkungan kerja seperti ini harus dibangun dengan berbagai upaya yang berkesinambungan, di mana semua orang terlibat di dalamnya.

Anda bisa berperan dalam membangun lingkungan kerja yang nyaman seperti ini dan menjadi penggagas bagi rekan-rekan kerja Anda yang lainnya.

Sikap dan juga budaya kerja Anda tentu akan sangat memengaruhi terciptanya lingkungan kerja yang nyaman ini, sehingga perlahan-lahan orang lain juga ikut dan mendapatkan pengaruh positif dari Anda.

3. Memotivasi dengan Cara yang Tepat

Bukan hanya masalah pekerjaan saja, orang lain juga membutuhkan banyak motivasi yang membangun di dalam kehidupan pribadinya. Namun bukan berarti Anda harus selalu menjadi motivator untuk semua orang.

Ini perlu diperhatikan, sebab tidak semua orang bisa menerima sikap Anda tersebut. Pastikan Anda memberikan motivasi dengan cara yang tepat, di mana rekan kerja Anda bisa menerimanya dengan positif dan dalam porsi tepat juga.

3 dari 4 halaman

4. Menjadi Pemimpin yang Profesional

Jika Anda berada pada posisi atasan, jadilah sosok yang profesional dan mengayomi. Pastikan Anda memimpin dengan kemampuan yang baik, sebagaimana layaknya seorang pemimpin yang bisa mengatasi berbagai hal di dalam lini yang dipimpinnya.

Hal ini akan membuat bawahan dan rekan kerja menaruh kepercayaan kepada Anda. Selain itu mereka juga akan merasa mendapatkan arahan yang tepat dan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

5. Punya Tanggung Jawab dan Kemampuan Kerja yang Mumpuni

Sebagai pekerja, Anda tentu akan memiliki kewajiban dan tanggung jawab kepada perusahaan, di mana semua ini akan membutuhkan kemampuan kerja yang mumpuni sejak awal.

Kemampuan kerja Anda akan menjadi salah satu modal penting ketika bekerja, dan hal ini akan menjadi salah satu nilai lebih Anda di mata perusahaan dan juga rekan-rekan kerja Anda.

 

4 dari 4 halaman

6. Menempatkan Diri dengan Baik dan Sesuai Porsinya

Rekan kerja yang baik adalah yang mampu menempatkan diri dengan baik dan sesuai dengan porsinya. Jika Anda sudah memiliki ini, maka orang lain akan lebih nyaman bekerja dengan Anda. Anda akan menjadi rekan kerja yang menyenangkan dan bisa diandalkan ketika dibutuhkan.

Apakah Anda Punya Sikap dan Kemampuan yang Berimbang?

Bekerja dan sudah memiliki pengalaman yang cukup lama di perusahaan, Anda tentu kerap menjadi perhatian banyak orang, termasuk rekan kerja Anda. Bukan tidak mungkin Anda bahkan menjadi inspirasi bagi mereka.

Ada banyak cara yang dapat menginspirasi rekan kerja, tentunya dengan mengandalkan sikap profesional serta kemampuan kerja Anda yang berimbang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudah, Yuk Tiru Cara Para Miliarder Atur Keuangan
Artikel Selanjutnya
Cegah Bosan saat Transit Panjang di Bandara, Coba Lakukan ini