Sukses

Penasaran dengan Gaji Rekan di Kantor? Begini Cara Bertanya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Bertanya soal gaji seringkali membuat situasi terasa canggung antara Anda dan rekan kerja. Pasalnya, urusan gaji seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sangat pribadi dan jarang diinformasikan pada orang lain.

Namun melansir laman Business Insider, mengetahui gaji rekan kerja ternyata memberikan manfaat tersendiri bagi para pegawai. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah gaji Anda selama ini layak.

Ironisnya, salah satu cara untuk mengetahui apakah gaji Anda sudah layak, adalah dengan bertanya pada rekan kerja di kantor. Agar tidak canggung, berikut cara bertanya gaji yang tepat pada rekan kerja:

1. Mengerti kepada siapa harus bertanya

Orang-orang yang paling penting untuk ditanyakan adalah rekan kerja setara. Pikirkan mereka yang punya pekerjaan sama atau tugas serupa dan mereka yang berada di kantor dengan waktu kerja sama.

Tentu saja, Anda juga harus memilih orang yang cukup dekat dengan Anda di kantor. Hal itu agar obrolan tak menjadi canggung.

2 dari 3 halaman

2. Tanyakan dalam percakapan santai

Pertanyaan soal gaji, bisa Anda lontarkan di sela percakapan ringan. Mengajak rekan kerja minum kopi di luar kantor bisa menjadi salah satu caranya.

"Saat orang berada di luar lingkungan kantor, mereka bisa merasa lebih nyaman berbagi hal-hal yang sifatnya pribadi," tutur pengamat karir Nicole Wood.

3. Lebih dulu terbuka

Untuk memancing keterbukaan seseorang, mereka juga harus merasa bahwa Anda adalah orang yang terbuka. Anda bisa memulainya dengan mengatakan, betapa rendahnya gaji Anda sekarang.

"Anda bisa mulai dengan, saya tak percaya, gaji saya bahkan tak sampai Rp ....." terang Wood.

Hal ini bisa membangun kepercayaannya pada Anda dan pada saat yang sama memancing keterbukaannya.

3 dari 3 halaman

4. Tetap santai

Jika sebagian rekan kerja telah berbagi informasi dan Anda terkejut dengan jumlahnya yang besar, cobalah untuk tetap tenang. Daripada meminta kenaikan gaji, lebih baik Anda mengkaji ulang bayaran yang layak.

Anda juga bisa melakukan diskusi terbuka dengan manajer tanpa menyinggung nama-nama rekan kerja serta gajinya yang lebih tinggi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pikirkan Pekerjaan, 40 Persen Karyawan Kurang Tidur
Artikel Selanjutnya
Ternyata Lulusan Universitas Top di Australia Bergaji Kecil