Sukses

7 Cara untuk Dapatkan Kredit Mobil Murah

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia, kendaraan motor memang lebih terkenal dibanding mobil. Tapi bukan berarti mobil ini tidak banyak peminatnya. Baik itu masyarakat perkotaan hingga daerah, keberadaan mobil pribadi memang sangat membantu karena mobil bisa mengangkut penumpang yang lebih banyak dibanding motor.

Jika ingin bepergian bersama keluarga, mobil sudah pasti dijadikan opsi utama. Tak hanya itu saja, mobil juga bisa melindungi dari panas dan hujan. Ditambah lagi, mobil juga minim resiko kecelakaan. Dengan berbagai alasan tersebut, pastinya keberadaan mobil jadi sangat digemari.

Sayangnya, dengan berbagai macam keuntungan yang didapat dari memiliki mobil, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kendaraan ini juga terbilang cukup mahal. Beberapa merek dan tipe mobil terbaru bahkan harganya ada yang menyamai harga hunian rumah.

Jika sudah seperti ini, apakah kita tidak bisa memiliki kendaraan roda empat tersebut? Tentu saja bisa jika menggunakan kredit kendaraan bermotor.

Dengan mencicil kredit mobil murah, maka kita bisa membeli mobil meski mendapatkannya harus dengan cara mencicil terlebih dahulu.

Agar bisa mendapatkan cicilan kredit mobil murah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari TunaiKita:

 

2 dari 5 halaman

1. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Lirik terlebih dahulu dana tabungan yang dimiliki dan juga penghasilan bulanan yang didapat.

Dana tabungan harus dilirik karena ketika mengajukan kredit mobil murah akan ada uang muka alias down payment (DP) yang harus dibayar. Kisarannya bisa antara 20-30 persen. Jadi kalau harga jual mobil yang diinginkan Rp 200 juta, maka dana yang harus dipersiapkan untuk uang muka adalah Rp 40 juta hingga Rp 60 juta.

Sementara untuk penghasilan bulanan yang didapat ini harus diperhatikan agar nantinya gaji bulanan bisa mencukupi cicilan bulanan kredit mobil murah.

Untuk jumlah nominal cicilan yang harus dibayarkan tergantung pada harga mobil yang kamu ambil, masa tenor yang dipilih, dan juga bunga yang dikenakan oleh penyedia pinjaman kredit mobil murah.

2. Tak perlu ambil mobil keluaran terbaru

Ketika akan membeli mobil, sales pasti akan menawarkan mobil keluaran terbaru. Jangan mudah tergiur, ya! Jika ingin mendapatkan kredit mobil murah, maka hindari memilih mobil keluaran terbaru.

Ambil mobil keluaran 1-5 tahun ke belakang karena harganya pasti lebih murah dibanding mobil keluaran terbaru. Dengan begitu, bisa mengirit bujet.

Mobil keluaran terbaru memang sangat menggoda, tapi ingat lagi kalau membeli mobil bukan karena ingin pamer, tapi karena ingin merasakan manfaatnya.

3 dari 5 halaman

3. Mobil second yang masih bagus juga bisa dilirik

Ingin mendapatkan kredit mobil murah yang lebih murah lagi? Ambil saja mobil second alias mobil bekas yang masih terlihat bagus.

Harga mobil bekas bisa lebih murah hingga 50 persen dari harga jual mobil baru. Tapi disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang keluarannya melebihi 10 tahun karena ketika nanti ada resiko kerusakan.

Ketika akan membeli mobil bekas, periksa terlebih dahulu kemulusan badan mobil, mesin, hingga riwayat bengkel. Cek juga tanggal kadaluarsa BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor).

4. Ajukan kredit mobil murah saat sudah ada barangnya

Cara lain untuk mendapatkan kredit mobil murah adalah dengan mengajukannya ketika mobil sudah ditentukan. Hal ini untuk menghindari pihak penyedia yang akan menawarkan jasa untuk mencarikan mobil. Sudah pasti ada biaya yang nantinya akan dikenakan.

Ketika mobil sudah dipilih di dealer, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan tinggal datang ke penyedia kredit mobil murah dan mengajukan pinjaman. Dengan begitu, pihak penyedia kredit mobil tidak akan menawarkan jasa untuk mencarikan mobil baru.

4 dari 5 halaman

5. Sediakan uang muka yang cukup besar

Cicilan kredit mobil murah bisa didapat jika menyediakan uang muka yang cukup besar. Dengan begitu, plafon pinjaman yang diajukan akan lebih rendah.

Jika uang muka yang dimiliki belum cukup, maka disarankan untuk menabung terlebih dahulu. Ingat, jangan ambil pinjaman kredit tanpa jaminan untuk uang muka kredit mobil murah karena utang piutang yang dimiliki akan bertambah dan bisa berakibat risiko utang yang menumpuk dan tidak terbayar.

Tapi kalau menunggu tabungan cukup pasti akan lama waktunya, lantas harus bagaimana? Ada banyak cara supaya kamu bisa mengumpulkan uang muka yang cukup seperti melakukan investasi jangka pendek hingga melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan. Dengan begitu, dana yang tadinya ada pada tabungan bisa berkembang dan memberikan hasil.

6. Ambil masa tenor yang tepat

Kredit mobil murah biasanya memberikan jangka waktu cicilan atau masa tenor yang beragam, mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun, tergantung dari ketentuan masing-masing penyedia pinjaman.

Jika ingin cicilan kredit mobil murah per bulannya jadi ringan, maka bisa mengambil masa tenor maksimum. Tapi dampaknya total keseluruhan kredit mobil murah jadi lebih banyak karena bunganya pasti juga bertambah sesuai dengan banyak bulan yang diambil.

Sedangkan jika ingin total keseluruhan kredit mobil murah jadi lebih sedikit, maka ambillah masa tenor singkat antara 1-3 tahun. Tentu saja nominal cicilan per bulannya jadi lebih banyak. Oleh karena itu, harus melakukan perhitungan simulasi kredit dulu supaya bisa melihat perbedaan angka yang dihasilkan.

Untuk melakukan perhitungan ini, bisa menggunakan kalkulator kredit kendaraan bermotor yang bisa dicari di Google. Jika malas melakukan perhitungan sendiri, bisa meminta pihak penyedia pinjaman kredit mobil murah melakukan perhitungan.

5 dari 5 halaman

7. Cari penyedia kredit mobil yang tawarkan bunga rendah

Cara yang terakhir sudah pasti mencari penyedia kredit mobil yang menawarkan bunga cicilan rendah. Rata-rata bunga yang diberikan kredit mobil murah adalah 5-8 persen per tahun.

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan penyedia kredit mobil dengan bunga rendah, harus membandingkan lebih dari satu penyedia pinjaman. Dengan begitu, bisa membandingkan mana yang bisa memberikan penawaran paling menguntungkan.

Semoga membantu!

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Benci Hari Senin! Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Menyenangkan
Artikel Selanjutnya
Cara Tepat Menggunakan Kartu Kredit Agar Tak Jebol Kantong