Sukses

3 Miliarder Paling Dermawan di Dunia, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang terjadi di tahn 2018. Harga bitcoin terjun bebas, perang dagang dimulai, saham-saham teknologi kena sentimen negatif, sampai pergeseran orang terkaya di dunia.

Segala dinamika itu tidak menjadi hambatan bagi tiga miliarder ini dalam mendermakan harta mereka. Salah satunya bahkan menyumbang setengah harta mereka.

Total harta yang disumbangkan tiga miliarder berikut mencapai USD 93,6 miliar Rp 1.317 triliun. Angka tersebut melewati penerimaan pajak Indonesia per 31 Oktober 2018.

Dilansir dari Value Walk, berikut ulasan mengenai tiga miliarder paling dermawan, persenan sumbangan mereka dari harta, dan total sumbangannya.

2 dari 4 halaman

3. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah pengusaha sekaligus mantan walikota New York City selama tiga periode berturut-turut dari 1 Januari 2002 hingga 31 Desember 2013. Ia juga bos dari perusahaan media Bloomberg LP.

Tahun lalu, ia menyumbangkan USD 6 miliar (Rp 84,4 triliun (USD 1 = Rp 14.084) atau 12 persen dari total hartanya.

Di antara sumbangannya adalah sebesar USD 1,8 miliar (Rp 25,3 triliun) ke alma maternya, Universitas Johns Hopkins. Harapannya agar tidak ada lagi calon mahasiswa yang ditolak akibat urusan uang.

3 dari 4 halaman

2. Bill Gates

Bill Gates menyumbangkan 45,56 persen dari hartanya. Ia tercatat memberi donasi sebesar USD 41 miliar (Rp 577,2 triliun). Seringnya, ia menyalurkan uang melalui Gates Foundation.

Gates merupakan orang terkaya nomor dua di dunia. Ia hobi menyumbangkan uang ke bidang medis, sains, dan engineering yang bisa memberi efek positif ke kehidupan manusia. Salah satu proyek yang ia beri dana adalah terkait revolusi toilet.

4 dari 4 halaman

1. Warren Buffett

Tak main-main, harta yang Warren Buffett sumbangkan sampai setengah kekayaannya. Total yang ia sumbang mencapai USD 46,6 miliar atau setara Rp 656,3 triliun

Buffett, selain terkenal hidup sederhana, juga mendirikan inisiatif The Giving Pledge pada 2010. Inisiatif tersebut mengajak para miliarder menyumbangkan kekayaan mereka.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tengok Gaya Pacaran Rihanna dengan Miliarder Arab Saudi
Artikel Selanjutnya
8 Destinasi Wisata yang Biasa Dikunjungi Para Miliarder