Sukses

Antisipasi Akhir Tahun, BI Tambah Jam Layanan

Dalam libur Natal, Bank Indonesia tidak melayani transaksi pada 24-25 Desember 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menambah jam layanan mulai 19 Desember 2018. Penambahan jam layanan ini sebagai bentuk antisipasi menghadapi meningkatnya transaksi keuangan jelang Natal dan tahun baru.

Direktur Departemen Penyelanggaraan Sistem Pembayaran (DPSP) BI Ery Setiawan menjelaskan, yang pada hari biasa layanan Bank Indonesia tutup pada pukul 16.30 WIB kini menjadi pukul 17.30 WIB.

"Penambaham jam layanan hingga 17.30 WIB ini kita lakukan sampai akhir tahun nanti," ucap Ery di Gedung Bank Indonesia, Jumat (21/12/2018).

Ery juga menyampaikan, dalam libur Natal, Bank Indonesia tidak melayani transaksi pada 24-25 Desember 2018.

"Kami juga pastikan perangkat sitem kami baik internal maupun eksternal non bank member RTGS juga baik," tegas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Uang Tunai

Sebelumnya, Bank Indonesia dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019 menyiapkan uang tunai mencapai Rp 101 triliun. Jumlah ini masih tidak jauh berbeda dengan yang disiapkan tahun lalu.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang (DPU) Bank Indonesia Luctor Tapiheru mengatakan hingga kemarin, jumlah yang sudah ditarik oleh masyarakat mencapai Rp 58 triliun.

"Kalau saya katakan Rp 58 triliun sampai kemarin, dari informasi yang kami kumpulkan di kantor perwakilan itu ada tambahan penarikkan Rp 15 triliun, kalau sama kas titipan bisa Rp 18-19 triliun. Secara total sudah Rp 77 triliun yang ditarik dari Rp 101 triliun yang kami perkirakan sampai akhir tahun," kata dia.

Diperkirakan jumlah ini akan semakin bertambah mengingat setelah Natal masih ada libir tahun baru. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.