Sukses

Jokowi: Zaman Now Butuh Pemimpin yang Terbuka

Menurut Jokowi, seorang pemimpin harus bisa merespons secara cepat perubahan global.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sosok pemimpin yang dibutuhkan di era sekarang ialah pemimpin yang terbuka (open minded). Hal ini penting untuk dilakukan mengingat ketidakpastian global terus bergejolak.

"Sekarang itu dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang open minded, merespons secara cepat perubahan global. Kalau kita masih ruwet sama birokrasi, ketinggalan betul nanti kita," ucapnya di acara CEO Networking 2018 di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (03/12/2018).

Pada kesempatan ini, Jokowi juga menyinggung persoalan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) yang tengah terjadi di RI. Menurutnya, CAD adalah salah satu persoalan yang cenderung lamban untuk dieksekusi.

"Ini sudah berpuluh tahun lamanya bahwa problem besar kita adalah CAD. Kita tahu, tapi kita tidak pernah mengeksekusi masalahnya sehingga dalam 2 tahun ini saya terus berkonsentrasi di sini," ujarnya.

"Negara kita itu sumber daya alamnya (SDA) melimpah seperti batu bara, bauksit, ikan. Pabrik kita mengimpor ton alumina. Padahal kuncinya industrialisasi dan hilirisasi, kita tahu tapi kita tak pernah mengerjakan," Jokowi menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Industri alumina

Jokowi mengungkapkan, Industri alumina dapat dioptimalkan untuk mengurangi dampak pelebaran CAD.

"Kalau kita sejak dulu membangun industri alumina, maka impor tidak perlu terjadi karena pengaruhnya pada CAD. Kalau sejak dulu ada hilirisasi, itu bisa untuk LPG bisa, bisa untuk avtur. Tapi kenapa tidak dilakukan hilirisasi itu, karena kita keenakan kirim bahan mentah terus dapat uang," paparnya.

Jokowi menekankan, hilirasi merupakan kunci untuk menyelesaikan persoalan yang ada. "Kalau kita belum siap teknologi, beli aja, cari aja. Selalu saya dorong, menyelesaikannya memang tidak mudah. Sekali lagi hilirisasi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.