Sukses

Pertamina, Pos Indonesia dan KAI Bersinergi Bangun Outlet dan SPBU

Pertamina bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia dan PT Pos Indonesia‎, dalam penggunaan aset untuk membangun outlet penjualan dan SPBU.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Pos Indonesia‎, dalam penggunaan aset untuk membangun outlet penjualan dan Stasiun Pengisian BBM Umum (SPBU).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, sebagai sesama perusahaan BUMN dapat terus memperkuat sinergi, dalam meningkatkan efisiensi dan optimalisasi kinerja serta pelayanan kepada masyarakat.

"Kerja sama antar-BUMN merupakan manifestasi nyata dari sinergi dan persaudaraan BUMN sebagaimana terangkum dalam semangat One Nation, One Vision, One Family to Excellence," kata Rini usai menghadiri penandatanganan kerjasama, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, kerjasama dengan KAI dan Pos Indonesia merupakan upaya pemerintah melalui BUMN, untuk memperluas jaringan penjualan serta menyalurkan produk Pertamina ke berbagai wilayah Indonesia, dengan mengoptimalkan aset dan memanfaatkan armada BUMN.  

Butir kesepakatan kerjasama Pertamina dengan Pos Indonesia meliputi pemanfaatan jaringan outlet pos untuk penjualan produk Pertamina seperti Elpiji,  penggunaan armada pos untuk mengantarkan produk Pertamina ke konsumen, serta memanfaatkan lahan-lahan Pos Indonesia untuk pembangunan SPBU.

Sementara kerjasama dengan KAI, dilaksanakan berdasarkan butir kesepakatan yakni optimalisasi pengelolaan aset KAI untuk pembangunan SPBU atau pun unit bisnis lainnya, peningkatan pengiriman BBM dan produk Pertamina lainya dengan menggunakan moda kereta api, serta pengembangan usaha potensial lainnya.

“Kami bersinergi mengembangkan potensi bisnis masing-masing dan memperkuat jaringan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan energi di masyarakat dengan mengoptimalkan aset negara yang dikelola BUMN,” tutur Nicke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aset Potensial

Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro menuturkan, PT KAI sebagai BUMN transportasi yang memiliki sejumlah aset potensial dan strategis di berbagai wilayah akan terus dioptimalkan melalui pemanfaatan lahan,  pengembangan angkutan logistik dan kerjasama usaha lainnya.

"Sinergi BUMN merupakan hal yang sangat krusial untuk meningkatkan daya saing bagi pembangunan ekonomi Indonesia dan diharapkan bisa memberi manfaat bagi semua lapisan masyarakat"  ujar ‎Edy.

Direktur Utama Pos Indonesia, Gilarsi W. Setijono menambahkan, Kantor Pos merupakan tempat yang sangat strategis  untuk penjualan produk Pertamina. Di samping itu melalui pendekatan kerjasamaa tersebut, akan dijajaki pemanfaatan lahan milik Pos Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai SPBU serta kerjasama lainnya yang akan disepakati bersama.

“Pos Indonesia memiliki banyak aset potensial yang siap disinergikan kemanfaatannya dengan Pertamina," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini