Sukses

Jangan Pernah Buang Slip Gajimu, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Seorang karyawan atau pekerja, tentu sudah tidak asing dengan slip gaji, bukan? Secara umum, Slip gaji adalah bukti otentik/resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pekerja atau pegawai.

Dalam slip gaji yang diberikan, terdapat bagian-bagian nominal tertentu, baik terperinci maupun hanya sekadar rangkuman. Terkait dengan gaji bersihnya seperti gaji pokok, penambah gaji, dan pengurang gaji termasuk nilai pinjaman jika ada. Slip gaji tetap diterbitkan, baik perusahaan tersebut menggunakan metode gaji netto maupun gross up.

Bagi Perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji atau upah atas pengeluaran dana perusahaan. Sedangkan untuk pekerja, slip gaji merupakan bukti kejelasan proses penggajian bagi pegawai, atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.

Akan tetapi, slip gaji masih memiliki manfaat lain yang ternyata jarang diketahui oleh pegawai kantor. Apa saja? Berikut manfaat lain dari slip gaji, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Syarat KPR

Jika ingin membeli rumah dengan sistem KPR, maka slip gaji menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. Melalui slip gaji, bank penyedia akan menganalisa kemampuan dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Slip gaji yang diserahkan harus tiga kali lipat lebih besar dari jumlah cicilan per bulan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan cicilan dengan jumlah pendapatan, ya!

2 dari 4 halaman

2. Syarat KTA

Slip gaji juga merupakan syarat wajib jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana kepada KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Kesesuaian dengan kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut.

Sama seperti pengajuan KPR, besarnya slip gaji berpengaruh pada penilaian dan persetujuan Bank terhadap kredit yang kamu ajukan.

3. Syarat Kartu Kredit

Masih tidak jauh berbeda dengan dua manfaat sebelumnya, slip gaji juga bisa digunakan ketika akan mengajukan sebuah kartu kredit. Slip gaji menjadi penentu apakah pengajuan akan diterima dan berapa jumlah limit yang diterima setiap bulannya.

3 dari 4 halaman

4. Kredit Alat Elektronik

Kebanyakan orang memutuskan untuk membeli peralatan elektronik secara kredit mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus lebih diprioritaskan.

Untuk yang belum tahu, sudah ada beberapa perusahaan seperti FIF atau ADIRA yang menawarkan jasa pembelian alat-alat elektronik secara kredit.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah ketersediaan slip gaji, sebagai pertimbangan kemampuan debitur dalam membayar cicilan setiap bulannya dan menentukan jangka waktu cicilannya.

5. Kredit Kendaraan Bermotor

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari slip gaji adalah melakukan pengajuan kredit kendaraan bermotor. Jika ingin membeli sebuah kendaraan dengan sistem cicil, maka harus melampirkan slip gaji bersamaan dengan dokumen lainnya.

 

4 dari 4 halaman

6. Menawar Gaji di Perusahaan Baru

Mungkin diantara semuanya, ini adalah manfaat yang paling berbeda. Gunakan slip gaji sebagai alat untuk tawar-menawar gaji di tempat kerja baru.

Dengan slip gaji, pihak perusahaan juga bisa mengetahui kebenaran bahwa kamu telah atau sedang bekerja di perusahaan dengan bayaran yang tertera di slip gaji tersebut.

Sudah tau kan manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan menyimpan slip gaji? Selain memberikan informasi mengenai nominal gaji yang diterima, ada manfaat lain yang bisa didapatkan.

Oleh karena itu, ada baiknya menyimpan slip gaji di tempat yang aman agar tidak mengalami kesulitan ketika akan menggunakannya.

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Liburan Mewah tapi Punya Anggaran Minim? 3 Tempat Wisata Ini Jadi Pilihan
Artikel Selanjutnya
Simak, Keuntungan Memakai Kartu Kredit