Sukses

Menko Darmin Ungkap Penyebab Ekonomi RI Hanya Tumbuh 5,17 Persen

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menuturkan ekonomi Indonesia mampu cetak 5,17 persen pada kuartal III cukup positif di tengah gonjang-ganjing ekonomi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia tumbuh 5,17 persen pada kuartal III 2018. Dengan adanya angka ini, secara kumulatif ekonomi Indonesia hingga September hanya tumbuh sebesar 5,17 persen. 

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan pertumbuhan tersebut tergolong baik. Meskipun hingga akhir tahun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan hanya mencapai 5,2 persen. 

"Pertumbuhan kita tetap relatif baik 5,17 persen. Syukur-syukur akhir tahun bisa 5,2 persen itu," ujar Darmin saat ditemui di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Darmin menjelaskan, faktor pengurang dalam pertumbuhan ekonomi adalah impor yang cukup kuat, sementara ekspor berjalan lebih lambat. Padahal, jika dilihat lebih rinci komponen ekonomi lainnya cukup membaik.

"Itu impornya tetap berjalan, yang agak kurang malah ekspornya. Agak lambat. Memang akibatnya, neraca perdagangan belum membaik. Itu konsekuensi dari ekonomi tumbuh dalam situasi globalnya men-delay, kita tidak bisa mendorong ekspornya secepatnya berjalan," ujar dia.

"Jadi persoalan kita sebenarnya, selain positifnya pertumbuhan ekonomi baik, inflasi baik, macam-macam baik, yang kurang adalah pertumbuhan ekonomi baik tapi (masalahnya) impornya tetap baik ya kan. Tapi ternyata ekspornya belum bisa, sehingga ketidakseimbangan neraca keluarnya masih ada," ujarnya.  

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,17 persen cukup positif di tengah gonjang-ganjing ekonomi dunia. Sebab, ekonomi Indonesia tetap tumbuh meskipun ada perang dagang serta normalisasi kebijakan Amerika Serikat. 

"Pertumbuhan 5,17 persen itu, bagi saya dia menjadi penting karena dalam situasi tekanan global. Perang dagang, normalisasi kebijakan AS, crude oil yang harganya naik kita tetap bisa mempertahankan pertumbuhan kita. Itu menurut saya sesuatu yang patut untuk digarisbawahi," ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal III 2018 Capai 5,17 Persen

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang hanya 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin (5/11/2018).

Suhariyanto menjelaskan meski lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang tercatat 5,27 persen.

"Kita masih punya satu triwulan lagi hingga akhir tahun. Kalau itu bagus kami harap pertumbuhan ekonomi secara tahunan bagus," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.