Sukses

Lakukan 5 Hal Ini agar Rumah Memiliki Konsep Minimalis

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda semakin dewasa dan berumur, apalagi jika akan dan sudah berkeluarga, Anda tentunya menginginkan rumah impian yang bisa menjadi tempat tinggal Anda sampai tua. Rumah tersebut haruslah membuat Anda merasa aman dan juga nyaman sehingga Anda tidak perlu susah-susah untuk pindah ke tempat lain.

Di era sekarang, semakin banyak model-model rumah yang bisa menjadi pilihan ketika Anda akan membeli atau bahkan mungkin membangun rumah tinggal. Salah satu model rumah yang cukup populer adalah model rumah minimalis.

Rumah minimalis adalah desain rumah modern yang memiliki konsep elegan namun sederhana. Rumah minimalis umumnya identik dengan desain simpel, memiliki bukaan yang lebar, dan warna cat cenderung monokrom.

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan rumah minimalis, simak tips dari Swara Tunaiku, yang mungkin perlu melakukan hal-hal berikut ini.

1. Menggunakan Perabotan Modern

Anda perlu memahami bahwa konsep rumah minimalis merupakan konsep rumah modern. Sehingga, perlu menyesuaikan perabotan dan interior dalam rumah Anda dengan nuansa yang modern pula.

Gunakanlah sofa, meja, tempat tidur, almari, dan perabotan lainnya yang sifatnya modern. Hal ini dilakukan agar nuansa dan suasana modern semakin kelihatan.

2 dari 3 halaman

2. Pilihlah Warna Cat Sederhana

Rumah minimalis cenderung memiliki cat yang berwarna monokrom, jadi Anda juga perlu memilih cat rumah yang warnanya tidak terlalu banyak. Anda cukup menggunakan beberapa warna yang netral dan bersifat earth tone.

Jika Anda menginginkan rumah yang sesuai dengan warna kesukaan Anda, maka Anda mungkin bisa mencoba dengan memilih warna pastel yang sifatnya lembut. Warna cat rumah yang tidak berlebihan akan memunculkan kesan elegan.

3. Dekorasi Tidak Berlebihan

Seperti namanya, rumah minimalis juga meminimalisir penggunaan dekorasi yang digunakan di dalam rumah. Boleh saja membeli dan menggunakan perabotan dan perlengkapan modern, tapi jangan terlalu banyak menggunakan hiasan-hiasan dinding atau hiasan rumah.

Pasalnya, hal tersebut bisa mengurangi kesan minimalis rumah Anda. Cukup gunakan dekorasi yang sederhana dan hiasan yang diperlukan saja. Misalnya memasang hiasan dinding seperti lukisan di sudut ruangan tertentu atau meletakkan pot secara tidak berlebihan di tempat tertentu.

3 dari 3 halaman

4. Kaca Film untuk Menghalau Sinar

Kaca bening umumnya akan membuat silau ketika sinar matahari masuk. Hal ini bisa saja menjadi gangguan atau bahkan mengurangi kenyamanan keluarga. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kaca film sebagai solusi.

Biasanya, rumah bergaya minimalis memasang kaca film pada kaca bening. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan teman yang berkunjung merasa lebih nyaman.

5. Memanfaatkan Space yang Tersedia

Rumah minimalis umumnya tidak terlalu besar, begitu juga dengan ruangan-ruangannya. Ruangan yang tersedia tidak terlalu luas, jadi Anda harus memanfaatkan kekosongan ruangan itu dengan semaksimal mungkin.

Namun, memaksimalkan bukan berarti menumpuk berbagai perabotan secara berlebihan dalam satu ruangan. Anda juga perlu bijak dan memiliki perencanaan yang baik sehingga perabotan tersusun secara rapi.

Itulah cara-cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mewujudkan konsep rumah minimalis milik sendiri. Tidak terlalu ribet dan cukup sederhana sebenarnya. Anda tidak memerlukan dekorasi yang berlebihan dan membeli perabotan yang secukupnya saja.

Bagaimana, apakah Anda semakin berminat? Yuk, langsung mencobanya jika berminat untuk memulai.