Sukses

Ini Negara dengan Ekonomi Paling Kompetitif di Dunia

Liputan6.com, New York - Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) baru saja merilis laporan daya saing perekonomian dunia. Laporan tersebut berisi peringkat indeks daya saing berbagai negara di dunia.

Melansir laman CNBC, WEF mencatat Amerika Serikat (AS) sebagai negara paling kompetitif di dunia. Dalam laporan bertajuk Global Competitiveness Index, AS berada di posisi pertama dari 140 negara di dunia.

Ini adalah pertama kalinya AS kembali meraih puncak daya saing perekonomian dunia dalam 10 tahun terakhir. Sementara itu, Singapura dan Jerman, masing-masing menduduki peringkat kedua dann ketiga.

Meski begitu, para peneliti ekonomi menemukan perekonomian Eropa masih terbilang kurang kompetitif jika dibandingkan dengan Asia Timur dan Asia Pasifik.

Laporan tersebut memetakan daya saing negara-negara global dengan menggunakan 98 indikator termasuk diversitas tenaga kerja, kebebasan media, hak-hak buruh dan kegiatan bisnis.

Dari seluruh indikator tersebut, AS terbilang sangat kompetitif dengan nilai 85,6 dari 100. AS tercatat unggul dalam dinamika bisnis, pasar tenaga kerja dan sistem finansial.

Meski begitu, laporan tersebut juga mengingatkan bahwa perekonomian AS dapat jatuh akibat tingkat keamanan yang kian buruk, korupsi, dan struktur masyarakat. AS juga masih terbilang tertinggal dibanding negara maju lainnya soal kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.