Sukses

Pemerintah Dorong Pemakaian Baja untuk Proyek Tol Layang

Pemerintah kini tengah mendorong pemakaian material baja dibanding beton pada proyek jalan tol layang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pemerintah kini tengah mengedepankan pemakaian material baja dibanding beton pada proyek jalan tol layang.

Dia mengatakan, salah satu keunggulan pemakaian baja yakni secara harga terhitung lebih murah daripada beton.

"Yang kedua, pekerjaannya lebih cepat. Misalnya di Cikampek ini, dengan 80 meter itu sudah langsung bisa diangkat. Jadi lebih cepat dan lebih bisa dibentuk, baja lebih fleksibel," jelas dia di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

"Lebih cepat, lebih murah, dan biasanya lebih ramping. Dan tetap kuat, karena ada standar safety-nya," dia menambahkan.

Menurut laporan dari beberapa pihak seperti Masyarakat Konstruksi Baja Indonesia dan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin, ia menyampaikan, produksi baja nasional masih terbilang cukup untuk mendukung proyek infrastruktur di Tanah Air.

Lebih lanjut, Menteri Basuki juga membeberkan, beberapa proyek tol layang seperti yang ada di Tol Yogya-Solo kini telah didesain untuk memanfaatkan material baja sebagai bahan dasar konstruksinya.

"Yogya-Solo yang sudah didesain. Kemudian tol layang dalam kota yang menuju bandara (Soekarno-Hatta) juga sudah didesain dengan baja," paparnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Biaya Produksi

Selain itu, dia juga hendak mendorong agar material ini ke depan dapat dipakai di proyek tol lainnya. "Tapi harus dimatangkan lagi, karena ada produsen semen yang juga harus kita manfaatkan," ungkapnya.

Manfaat lainnya, dia menekankan, kehadiran material baja pun bisa menekan biaya produksi lantaran secara harga beli lebih murah dari beton.

"Dulu waktu bajanya turun banyak, ada sekitar 30 persen yang turun. Sekarang agak naik lagi, tapi masih lebih murah dibanding beton," pungkas Menteri Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.