Sukses

Bill Gates Sumbang Rp 545 Triliun Selama Hidupnya

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates pernah menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes 400 selama 24 tahun berturut-turut. Sekarang, posisi dia sebagai orang terkaya sudah digeser oleh Pendiri Amazon Jeff Bezos.

Bill Gates memang bukan lagi nomor satu dalam hal kekayaan. Hanya saja, dia masih nomor satu dalam hal berderma.

Menurut laporan Forbes, Bill Gates merupakan orang paling dermawan di Amerika Serikat (AS). Sepanjang hidupnya, dia telah menyumbangkan USD 35,8 miliar atau setara Rp 545,1 triliun (USD 1 = Rp 15.227). 

Pasangan Bill dan Melinda Gates terkenal hobi berkeliling dunia dalam rangka menumpas kemiskinan. Lewat Gates Foundation yang mereka dirikan, mereka telah berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang.

Tahun lalu, dia menyumbangkan mayoritas saham yang dia miliki di Microsoft, dan hanya memegang 1,3 persen saham. Posisinya saat ini di Microsoft adalah sebagai penasihat teknologi. Terkini, harta Bill Gates ditaksir mencapai USD 97 miliar (Rp 1.482 triliun).

Bill Gates juga terkenal akrab dengan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett. Pada Juli lalu, Buffett memberikan donasi pada Gates Foundation.

Ternyata, Warren Buffett adalah miliarder paling dermawan kedua di AS. Investor berusia 88 tahun itu telah menyumbangkan uang sebanyak USD 35,1 miliar (Rp 536 triliun).

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Cara Unik Bill Gates Usir Stres

Pendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya Melinda Gates merupakan pasangan top dunia yang tentunya memiliki banyak kesibukan. Pasangan miliarder sekaligus filantropi tersebut tengah bekerja untuk memajukan sistem pendidikan di Amerika Serikat (AS), meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh dunia, dan memberdayakan perempuan.

Namun, kesibukan-kesibukan tersebut tidak mencegah Bill dan Melinda Gates untuk bersenang-senang. “Kami suka nonton film, pergi ke bioskop bersama, berkayak, dan kami bermain satu permainan olahraga gila yang disebut pickleball,” ujar Melinda Gates dilansir dari CNBC. 

Pickleball merupakan olahraga yang menyerupai bulu tangkis atau tenis. Bedanya, pickleballdimainkan dengan raket menyerupai dayung dan bola plastik. Menurut Melinda, olahraga ini difavoritkan oleh banyak orang pinggiran kota, termasuk keluarganya.

“Bahkan Bill sangat bersemangat mengajariku pickleball saat kami pertama kali kencan,” ungkap Melinda.

3 dari 3 halaman

Jaga Keseimbangan Kerja dan Hidup

Menjaga keseimbangan antara waktu untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi memang penting. Hal ini disadari pula oleh keluarga Bill Gates. Mereka selalu meluangkan waktu untuk hobi mereka dan menjaga agar karier dan kehidupan mereka seimbang.

“Saat saya berusia 20 hingga 30-an awal, seluruh hidup saya didedikasikan untuk pekerjaan,” ujar Bill Gates. “Sekarang, saya lebih bisa membagi waktu kerja dengan waktu luang untuk keluarga dan teman.”

Selain tenis dan pickleball, keluarganya juga gemar bermain permainan papan (board game) Settlers of Catan. “Melinda, saya, dan anak-anak kami menghabiskan waktu berjam-jam bermain permainan ini dan menyusun strategi untuk menang,” terusnya.

Sebagai pendiri Bill and Melinda Gates Foundation, pasangan tersebut mengemban banyak tanggung jawab. Namun, keduanya tidak lupa meluangkan waktu untuk rileks. Melinda Gates misalnya, setiap hari meluangkan waktunya untuk bermeditasi setiap pagi.

Sementara itu, Bill Gates mengatasi stres dengan cara membaca buku selama satu jam setiap malam sebelum tidur. Yang juga unik, ia mengaku dirinya suka membersihkan piring kotor. 

Artikel Selanjutnya
Melinda Gates Kunjungi Kantor Go-Jek, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Miliarder hingga Pemenang Nobel Bakal Hadiri Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali