Sukses

Terbesar di Timur Indonesia, Ini Ultimate Makassar New Port

Biaya logistik dapat turun 50 persen dengan ada pelabuhan Makassar atau ultimate Makassar new port.

Liputan6.com, Makassar - Kota Makassar sedang dipersiapkan menjadi pusat konektivitas di timur Indonesia. PT Pelindo IV membangun Ultimate Makassar New Port dengan panjang dermaga 9.923 meter (9,9 kilometer) dan total investasi mencapai Rp 89,57 triliun. 

"Terbesar di timur Indonesia" tegas Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang, Jumat (5/10/2018) di Makassar.

Tujuan utama dari berdirinya Ultimate Makassar New Port adalah menguatnya konektivitas di daerah timur Indonesia.Bahkan, jalur tol sepanjang 1,2 kilometer dan rel kereta yang tersambung ke Trans Sulawesi juga akan hadir.

"Peredaran barang di Indonesia Timur, sekarang ini Makassar menjadi hub. Dulu banyak barang diangkut langsung lebih banyak dari Makassar, hub-nya Surabaya dan Jakarta. Kita rubah sekarang, bagaimana Indonesia Timur menjadikan hub Makassar," ucap Farid.

Dengan ini, pengangkutan logistik tidak perlu bergantung pada Jakarta dan Surabaya. Pengiriman ekspor pun bisa dilakukan langsung.  Farid pun menyebut, biaya logistik bisa turun sampai 50 persen berkat ada pelabuhan dengan luas 1.428 hektar ini.

"Supaya rute-rute yang tadinya lewat Surabaya, Jakarta, (dengan hub ini) daerah timur bisa lewat Makassar semua," ujar dia. 

 

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memakai Tenaga Lokal

Untuk posisi pembangunan sejauh ini, Farid menyatakan pemakaian tenaga lokal murni 100 persen. "Murni tidak ada tenaga kerja asing disini, posisi tahap 1," sebutnya.

Sementara, dari segi peralatan mencapai 30 persen. Sehingga, bila dikalkulasikan, TKDN mencapai 70 persen.

Sejauh ini, Ultimate Makassar New Port berada di tahap penyelesaian Tahap I Phase 1A yang menelan investasi Rp 2,51 triliun . Akan ada tahap-tahap lainnya, yakni Tahap 1B, 1C, 1D, kemudian Tahap II dan akhirnya Tahap Ultimate yang ditargetkan selesai pada 2025.

Masing-masing tahap, kecuali 1D, akan memberikan tambahan kapasitas TEUs dari pelabuhan tersebut, sehingga bisa memberikan pendapatan meski masih dalam penyelesaian. Dari segi total kapasitas, Ultimate Makassar New Port dapat menampung kapasitas sampai total 17,5 juta TEUs.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.