Sukses

5 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis dengan Mudah

Ingin bisnis Anda berjalan lancar dan sukses? Simak 5 tips ini!

Liputan6.com, Jakarta - Sulitnya mendapatkan pekerjaan menjadi problematika serius di era sekarang ini. Sempitnya lapangan pekerjaan yang tidak berbanding lurus dengan jumlah angkatan kerja menyebabkan tingkat pengangguran pun kian bertambah.

Kendati pemerintah terus berusaha untuk menyelesaikan masalah ini, hendaknya kita juga berinisiatif menjadi seorang wirausaha, sehingga selain lebih menguntungkan secara pribadi, turut andil dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Membuka bisnis sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya, tidak hanya keberanian, namun juga beberapa aspek penting lainnya untuk diperhatikan agar senantiasa bisnis yang kita jalankan terus berkembang ke arah yang positif.

Lalu, apa saja kiat-kiat untuk membuat bisnis kita berkembang? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara jitu mengembangkan bisnis dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidak Perlu Terburu-buru

Dalam memulai suatu bisnis, hendaknya persiapkan secara matang sejumlah aspek penting mulai dari kebutuhan untuk menunjang bisnis yang akan dijalankan dan kembangkan. Hitung bagaimana prospek jangka pendek dan jangka panjangnya, mulai dari modal untuk membangun bisnis, dan pemasaran yang akan ditempuh.

Untuk itu, bersikap tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan adalah kunci utama agar bisnis senantiasa dalam jalur yang tepat. Analisa dengan baik hal-hal yang diperlukan dan yang akan diambil.

3 dari 7 halaman

2. Utamakan Kualitas

Baik produk maupun jasa, kualitas adalah hal mutlak yang harus dijaga oleh setiap pebisnis. Sebuah bisnis dengan produk atau jasa yang berkualitas pastinya akan cepat mengalami perkembangan.

Memang, pada awalnya Anda harus menyiapkan dana yang besar. Namun, pikirkan jangka panjang dari semua itu. Anda tentu ingin memiliki konsumen setia, bukan? (Baca Juga: 5 Cara Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda)

4 dari 7 halaman

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial di zaman sekarang ini seperti sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Sehingga melakukan promosi bisnis dengan medium media sosial adalah langkah tepat dan efektif untuk Anda lakukan.

Terlebih, platform-platform media sosial seperti Facebook dan Instagram telah menyadari potensi ini dengan menghadirkan fitur Ads yang dikhususkan bagi para pebisnis yang ingin beriklan di media sosial. Lakukan promosi di media sosial secara konsisten.

Pastikan juga untuk membuat ragam konten yang kiranya menarik. Tidak melulu harus menjual produk atau jasa yang Anda hendak tawarkan. Tapi sesekali berikan juga konten informatif yang terkait dengan jenis bisnis Anda, sehingga konsumen tidak merasa jenuh atau malah 'terganggu' dengan unggahan hard selling yang Anda buat.

5 dari 7 halaman

4. Tanamkan Pikiran Positif

Selalu berpikir positif adalah kunci kebahagiaan dalam hidup setiap manusia. Hal ini juga berlaku ketika Anda hendak terjun ke dunia wirausaha. Ada yang bilang dunia bisnis itu 'keras'. Hal tersebut tidak salah. Anda tidak sendiri. Di luar sana, Anda akan berhadapan dengan banyak kompetitor yang memiliki tujuan sama yakni ingin terus mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar.

Namun, hendaknya hal ini tidak menyurutkan langkah Anda untuk terus maju. Anda harus menanamkan pikiran positif di dalam diri bahwa bisnis ini nantinya akan terus berkembang dan sukses. Ingat, apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan terjadi nantinya. Oleh karena itu, berpikirlah yang positif-positif saja.  (Baca Juga: Gaji Masih Pas-pasan, Coba 4 Bisnis Waralaba Ini Untuk Menambah Penghasilan)    

6 dari 7 halaman

5. Jaga Hubungan dengan Konsumen

Konsumen adalah faktor krusial bagi bisnis Anda. Benar saja. Semua produk atau jasa yang bisnis Anda miliki, konsumenlah pembelinya, bukan? Oleh sebab itu, sudah selayaknya bagi Anda untuk selalu memberikan layanan prima kepada konsumen.

Jika nantinya konsumen hendak mencari informasi atau membutuhkan sesuatu, berikan respons yang baik dan cepat. Secara alamiah, hal ini akan membuat mereka merasa senang dan bukan tidak mungkin mereka pun akan jadi konsumen bisnis Anda yang setia.

7 dari 7 halaman

Lakukan Cara yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis

Itulah 5 hal yang bisa Anda jadikan cara untuk mengembangkan bisnis yang kini tengah atau mungkin baru akan Anda mulai. Jangan lupa untuk berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan.

(Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.