Sukses

Sumbangkan Duit, Bos Facebook Malah Dihujani Komentar Miring

Liputan6.com, Palo Alto - Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjanjikan USD 3 miliar atau setara Rp 44,4 triliun (USD 1 = Rp 14.811) demi menyembuhkan segala penyakit. Niat mulia Mark Zuckerberg sempat terkena reaksi miring di episentrum industri teknologi dunia: Silicon Valley.

Dilansir Business Insider, kabar itu terkuak melalui wawancara ekstensif Zuckerberg dan The New Yorker. Ada dua reaksi utama penghuni Silicon Valley dan tidak ada yang positif.

"Kebanyakan orang punya reaksi, 'Oh, itu pasti akan terjadi dengan sendirinya, mengapa kamu tidak menghabiskan waktu untuk melakukan hal lain?" ucap Zuckerberg, "dan banyak orang lain memiliki reaksi 'Oh, itu sepertinya hampir tidak mungkin, mengapa kamu memasang target terlalu tinggi?'"

Tidak peduli reaksi yang didapat, sang pendiri Facebook masih optimistis pada rencananya. Ia ingin kemajuan teknologi dan sains agar makin cepat.

Rencana ini pertama kali diprakarsai Zuck dan istrinya, Priscilla Chan, seorang dokter anak, pada pengujung 2015 lalu setelah kelahiran putri pertama mereka: Maxima.

Zuck dan istrinya menyumbangkan saham senilai USD 1 miliar per tahun dari 2015 sampai 2018 untuk Chan Zuckerberg Initiative (CZI).

Gagasan Zuckerberg dan Priscilla bukanlah agar tidak ada orang yang sakit, tetapi untuk mengurangi keparahan penyakit di seluruh dunia. Targetnya adalah menyembuhkan penyakit pada 2100 mendatang.

2 dari 2 halaman

Tiap 60 Detik, Bos Facebook Kantongi Rp 417 Juta

Kekayaan CEO Facebook Mark Zuckerberg sedang turun naik. Zuck, demikian dia akrab disapa, sedang menghadapi kontroversi perihal privasi pengguna di Facebook, serta dalam melawan penyebaran berita palsu. 

Meskipun perusahaannya sedang kena kontroversi, berdasarkan perhitungan Business Insider, tiap jamnya dia mendapat USD 1,7 juta atau setara Rp 25 miliar (USD 1 = Rp 14.619) menurut perhitungan akhir Agustus lalu.

Artinya, tiap 60 detik, Zuck memiliki penghasilan sekitar Rp 417 juta. Hitungan tersebut didasarkan pada hartanya versi daftar Forbes pada Maret lalu. Dalam daftar awal tahun tersebut, kekayaannya terhitung sebesar USD 71 miliar atau Rp 1.037 triliun.

Menurut perhitungan waktu nyata, saat ini kekayaannya menurun menjadi USD 65,4 miliar atau Rp 956 triliun. Penurunan tersebut tidak terlepas dari turunnya harga saham Facebook. 

Pada Juli lalu, harga saham Facebook sempat merosot sampai 20 persen. Otomatis, kekayaan Zuck turut merosot. Dia pun terlempar dari posisi lima orang terkaya di dunia. 

Mark Zuckerberg pun harus dicecar oleh para wakil rakyat Amerika Serikat (AS) di Capitol Hill akibat kontroversi Facebook. Bahkan, Parlemen Britania Raya sampai mengultimatum Zuck untuk datang ke negaranya. 

Belakangan, Facebook berjanji untuk mengubah kebijakan perusahaannya. Beberapa perubahan yang sedang dilakukan Facebook adalah menambah personel untuk mengawasi konten yang melanggar, dan bekerja sama dengan otoritas pemilu di berbagai negara agar Facebook tidak disalahgunakan di musim politik. 

Artikel Selanjutnya
Facebook Siap Rilis Speaker Pintar Pekan Depan?
Artikel Selanjutnya
Aplikasi Kencan Besutan Facebook Hadir di Kolombia