Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Biar Sukses di Hari Pertama Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda sudah melalukan wawancara, maka selanjutnya mengenai diterima atau tidaknya Anda di dalam perusahaan tersebut. Dengan segala usaha dan persiapan yang telah dilakukan, pemberitahuan penerimaan untuk bergabung dengan perusahaan pun datang.

Setalah sebelumnya Anda berhasil melewati ketakukan sebelum proses wawancara, mungkin saat ini Anda sedang merasa risau lagi untuk bagaimana menghadapi hari pertama bekerja. Tentu saja, Anda akan bertemu orang-orang yang mungkin belum dikenal dan akan dihadapkan dengan beberapa tugas yang sudah menanti.

Namun tidak perlu lagi khawatir untuk menghadapi hari pertama kerja Anda. Berikut tips mempersiapkan hari pertama bekerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Gunakan Pakaian yang Sopan dan Menarik

Perhatikanlah cara berpakaian Anda sebelum berangkat kerja di hari pertama. Usahakan pakaian yang Anda kenakan bersih, rapi, serta wangi. Karena orang-orang akan melihat dan menciptakan kesan pertama terhadap Anda.

Usahakan Anda mendapatkan kesan pertama yang baik. Tampillah semenarik mungkin dengan menggunakanlah riasan wajah yang natural dan jangan menggunakan riasan yang terlalu berlebihan.

2 dari 4 halaman

2. Bersikaplah Ramah dan Santun, Bukan sok Akrab

Ketika Anda telah memasuki wilayah perusahaan bersikap ramahlah kepada setiap orang, mulai dari karyawan kecil hingga orang yang memiliki kedudukan tinggi. Namun, jangan bersikap berlebihan dengan sok akrab kepada mereka, sebab itu akan membuat mereka merasa terganggu.

Dengan bersikap ramah, Anda akan memberikan kesan yang positif dan akan mulai dapat menyesuaikan diri dengan orang-orang yang baru ditemui di lingkungan perusahaan tempat Anda bekerja. (Baca Juga: Ini Caranya Bekerja Sambil Kuliah Secara Efisien dan Efektif)

3. Bertanya dan Mau Belajar

Mungkin ada beberapa tugas atau pekerjaan yang tidak Anda ketahui. Untuk itu jangan pernah malu bertanya. Karena Anda orang baru, tentu banyak hal yang belum Anda ketahui seputar perusahaan.

Maka bertanyalah kepada karyawan yang sudah lebih dahulu bekerja di perusahaan itu. Teruslah belajar dan jangan malas untuk mencari tahu tentang apa dan bagaimana kondisi perusahaan tempat Anda bekerja.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Sombong

Ketika Anda memiliki kelebihan, jangan anggap itu sebagai hal yang bisa untuk disombongkan. Bersikaplah rendah hati dan jangan menjadi orang yang arogan. Ketika Anda diminta untuk menilai sesuatu, nilailah dengan bahasa yang baik tanpa menjelekkan ataupun mengkritik.

Cobalah untuk dekat dengan orang-orang yang mampu membimbing Anda untuk dapat berkembang dan menjadi lebih penting di perusahaan tersebut. (Baca Juga: Buat "Fresh Graduate", Perusahaan Cari Kandidat yang Punya 8 Kriteria Ini)

5. Bangun Relasi dengan Orang-Orang yang Ada di Perusahaan

Mulailah membangun relasi dengan orang-orang yang ada di lingkungan pekerjaan Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dan bahagia untuk bekerja di perusahaan itu. Anda dapat mengikuti makan siang bersama para karyawan kantor dan mulai membina hubungan baik.

Bersahabatlah dengan para karyawan kantor dan jangan memilih-milih untuk berteman karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat bekerja. Dengan membangun relasi, Anda akan mendapat bantuan jika suatu ketika memerlukannya untuk urusan pekerjaan.

4 dari 4 halaman

6. Lakukan Pekerjaan Anda dengan Baik

Anda harus melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Anda dibayar untuk melakukan suatu pekerjaan, maka lakukanlah tugas dengan baik dan bertanggung jawab. Jangan sampai lalai akan tugas dan tanggung jawab Anda, dan lakukan pekerjaan dengan maksimal.

Sehingga Anda akan memperoleh nilai baik dari atasan. Ketika Anda melakukan semuanya dengan baik dan benar serta sesuai dengan perintah, tentu atasan akan senang dan mulai memberi perhatian kepada Anda. Semoga saja dengan keseriusan Anda, atasan dapat dengan cepat untuk mempertimbangkan kenaikan pangkat nantinya.

7. Tanamkan Rasa Sabar dan Konsisten

Tidak semua pekerjaan yang Anda lakukan akan selalu disukai. Wajar bila Anda sesekali melaKukan kesalahan atau membuat pekerjaan tidak sesuai dengan keinginan atasan, kemudian mendapat teguran.

Jangan sedih karena itu akan menjadi pembelajaran berharga dan akan mendewasakan diri Anda. Teruslah belajar dan berbuat lebih baik serta konsisten setiap hari.

Jadilah Karyawan yang Profesional

Dengan bersikap baik dan dewasa, maka akan membuat Anda bernilai di mata orang lain. Sehingga akan memudahkan Anda dalam bekerja. Berlakulah secara profesional di tempat kerja, karena bagaimana pun juga Anda bekerja dan digaji oleh perusahaan serta berinteraksi dengan sesama rekan kerja juga atasan.

Artikel Selanjutnya
DP Besar atau Kecil? Ini Uang Muka yang Pas buat Beli Apartemen
Artikel Selanjutnya
Mau Bisnis Properti? Ikuti 3 Cara Ini, Dijamin Untung!