Sukses

Mau Bisnis Properti? Ikuti 3 Cara Ini, Dijamin Untung!

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis tanpa modal, hal ini tentu banyak mencuri perhatian orang-orang. Meski terbilang sulit dan hampir tidak mungkin, beberapa pebisnis sukses menceritakan kisah mereka yang bisa meraih kesuksesan bisnis tanpa modal sama sekali.

Cukup masuk akal, jika ternyata yang dijalankan hanya bisnis rumahan dalam skala kecil saja. Namun jika ternyata yang dijalankan bisnis berskala besar seperti bisnis properti, apakah Anda pernah memikirkan hal ini sebelumnya?

Menjalankan bisnis properti tentu menjadi hal yang sangat menarik. Sebab bisnis yang satu ini menjanjikan banyak keuntungan. Properti menjadi salah satu investasi yang paling diminati, karena dianggap sebagai salah satu instrumen yang memiliki harga stabil dan cenderung naik setiap tahunnya.

Tentu bukan hal yang baru lagi jika harga properti akan meningkat dari tahun ke tahun. Ada banyak permintaan tempat tinggal sepanjang tahun, sehingga bisnis properti ini tetap memiliki peluang pasar yang sangat menjanjikan.

Bukan hanya di kawasan perkotaan saja, di pinggiran kota dan di berbagai wilayah lainnya, bisnis properti memang hampir tak pernah sepi. Namun jika melihat harganya yang tinggi, maka menjalankan bisnis properti kerap dianggap sebagai bisnis dengan modal besar.

Padahal di dalam praktiknya, anggapan seperti ini tidaklah selalu benar, sebab bisnis properti bahkan bisa saja dijalankan tanpa modal. Nah, bagi Anda yang ingin bisnis properti, simak cara suksesnya dan dijamin untung seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Menjadi Developer

Menjadi seorang developer profesional, Anda bahkan bisa saja menjalankan bisnis besar ini tanpa modal. Seorang developer akan membangun sejumlah properti dan menjualnya kepada para peminat. Artinya, Anda memang terlihat seperti membutuhkan sejumlah modal yang luar biasa besar untuk memulai dan menjalankan bisnis properti yang satu ini. Namun jika Anda jeli, maka Anda bisa saja sukses menjadi seorang developer tanpa modal sama sekali pun. Caranya?

- Maksimalkan kemampuan Anda dalam menjalankan proyek dengan baik

- Kerja sama dengan pemilik lahan agar bisa membangun properti tanpa harus punya lahan sendiri

- Lakukan perjanjian pembayaran lahan dengan tempo tertentu, seperti hingga proyek berjalan dan telah mendapatkan sejumlah pembeli

- Cari investor untuk membiayai pembangunan properti tersebut

- Dengan pola di atas, maka Anda akan menjadi developer properti yang sukses tanpa modal

3 dari 4 halaman

2. Menjadi Flipper

Cara lain yang dapat Anda pilih untuk menjalankan bisnis properti tanpa modal adalah dengan menjadi flipper, di mana Anda membeli sebuah properti dan menjualnya kembali kepada orang lain.

Dalam hal ini, Anda perlu memiliki perjanjian pembayaran dengan pihak pemilik properti, sehingga kelak Anda akan melakukan pembayaran setelah properti tersebut laku terjual. Artinya, Anda akan membeli properti tersebut dengan tempo pembayaran tertentu, lalu menjualnya dengan harga yang lebih mahal kepada orang lain.

Selanjutnya, Anda membayar properti tersebut kepada pemilik awal sesuai dengan perjanjian, dan Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan atas selisih harga jual dan harga beli yang Anda tetapkan. (Baca Juga: Mau Untung Investasi Properti? Kenali Macam Penentuan Harga Properti)

4 dari 4 halaman

3. Menjadi Broker

Untuk menjalankan bisnis properti yang paling simpel dan tanpa modal, Anda juga bisa menjadi seorang broker. Dalam bisnis yang satu ini, Anda hanya akan bertindak sebagai perantara di antara pembeli dan penjual, lalu mendapatkan sejumlah keuntungan dari jasa tersebut.

Namun perlu diingat, untuk menjadi broker properti, Anda juga harus mengetahui dan memahami produk yang Anda tawarkan ini. Sehingga konsumen tertarik dan yakin untuk membelinya. (Baca Juga: Ciri-Ciri Agen Properti Nakal yang Perlu Diwaspadai)

Teruslah Belajar dan Jalankan Bisnis dengan Sabar

Bisnis properti akan melibatkan sejumlah uang yang besar, namun tetap bisa Anda jalankan sekalipun tanpa modal. Untuk sukses di bisnis yang satu ini, luangkan waktu Anda untuk terus belajar menguasai pasar.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan kesabaran, mengingat jual beli properti ini memang melibatkan sejumlah dana yang besar dan akan membuat para pembeli memiliki pertimbangan yang cukup panjang sebelum mengambil keputusan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
LRT Jabodebek Uji Coba, Minat Membeli Hunian di Cipayung Naik