Sukses

Dubes Venezuela untuk RI Paparkan Kondisi di Negaranya

Pemberitaan di media internasional mengenai Venezuela yang selama ini beredar tidak semua benar adanya.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Venezuela untuk Indonesia Gladys Urbaneja Duran bersama Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela untuk Wilayah Asia, Timur Tengah, dan Oceania Ruben Dario Molina menggelar pertemuan di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (02/9/2018). Pertemuan ini untuk membahas berbagai kisruh ekonomi dan politik yang menimpa negara tersebut.

Duran mengatakan, untuk dua hari ke depan ia akan melakukan pertemuan-pertemuan khusus di kantor sekretariat ASEAN dan beberapa pertemuan lainnya.

"Kami belum bisa berkata banyak, namun satu hingga dua hari ke depan akan ada banyak meeting. Saya akan sampaikan langsung jika ada informasi terbaru," tuturnya di Hotel Gran Melia, Minggu.

Molina berujar, pemberitaan-pemberitaan di media internasional yang selama ini beredar tidak semua benar adanya. Ia menilai, ada beberapa negara liberal yang sengaja menyerang Venezuela.

"Media internasional juga framing, melebih-lebihkan. Mereka bilang kalau di Venezuela ada diktator, mereka bilang kalau di Venezuela ada penyelundupan narkoba. Menuduh kota telah melakukan pembunuhan. Itu merupakan cara mereka untuk memanipulasi," ujarnya.

Menurut Ruben, negara-negera penganut liberal ada yang dengan sengaja menginginkan kejatuhan akan negara Venezuela.

"Kita diserang karena kita sedang menjalankan rencana kebebasan ekonomi karena setiap negara harus punya akses terhadap kekayaan negaranya sendiri," ungkapnya.

"Jadi mereka menyerang karena mereka ingin mempertahankan posisinya untuk menunjukan kekuatannya dengan mendominasi kekayaan alam dibanyak negara," tutup dia.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbas Krisis, Warga Venezuela Eksodus ke 4 Negara Ini

Sebelumnya, masyarakat Venezuela berbondong-bondong keluar dari negaranya imbas krisis ekonomi yang terjadi.

Negara-negara lain di kawasan yang menjadi tujuan masyarakat Venezuela antara lain Brazil, Kolombia, Ekuador dan Peru.

Negara-negara tersebut pun berjuang hadapi arus pendatang dari Venezuela. Ratusan ribu masyarakat telah melakukan perjalanan ke Kolombia dan Ekuador, serta banyak yang menuju lebih  jauh ke selatan Peru dan Chile. 

Pada Sabtu pekan lalu, Ekuador pun memperkenalkan pembatasan masuk baru yang sebabkan ratusan migrant terdampar di sisi perbatasan Kolombia. Demikian kutip laman BBC, seperti ditulis Kamis (23/8/2018).

Di tengah kebingungan, beberapa orang Venezuela yang putus asa bahkan menentang aturan baru dan masuk melalui penyeberangan yang tidak dijaga. Namun, masyarakat Venezuela itu hadapi denda karena akses negara secara illegal.

Selama tiga tahun terakhir, sekitar 3.000 orang Venezuela memasuki Kolombia setiap hari. Negara itu memberikan tempat tinggal sementara kepada lebih dari 800 ribu orang. Pemerintahan Peru menuturkan, kalau pekan lalu sekitar 20 ribu orang Venezuela memasuki negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.