Sukses

Menguntungkan, Gaya Hidup Minimalis Ini Cocok buat Generasi Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Tren hidup minimalis menjadi salah satu yang cukup banyak diminati saat ini, terutama oleh anak-anak muda generasi milenial. Tren yang satu ini menerapkan pola hidup sederhana dengan mengurangi ketergantungan terhadap berbagai barang-barang.

Untuk sebagian orang, hal ini relatif menantang, mengingat keinginan memiliki berbagai macam barang-barang pribadi yang digunakan sehari-hari saja cukup besar. Namun gaya hidup minimalis saat ini sudah cukup menjadi tren.

Gaya hidup minimalis ini memang cukup menarik untuk dilakukan dan semakin banyak peminatnya. Tapi untuk secara ekstrim berubah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kamu, tentu saja bukan perkara yang mudah. Karena akan dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan pada berbagai macam barang-barang yang selama ini kamu gunakan.

Jika berminat dan memiliki niat untuk menjalankan tren minimalis di dalam keseharian kamu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini secara bertahap. Berubah secara perlahan tentu akan jauh lebih mudah, daripada kamu melakukan perubahan dalam skala besar sekaligus.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai menerapkan tren yang satu ini dalam hidupmu. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa gaya minimalis yang cocok buat Anda generasi milenial.

 

2 dari 5 halaman

1. Buka Lemari dan Kelola Barang Pribadimu

Lemari menjadi salah satu tempat yang paling sering dijadikan sebagai “gudang kecil” untuk berbagai barang pribadimu. Tak hanya pakaian, bisa saja kamu menyimpan berbagai barang-barang kecil lainnya di dalam lemari.

Maka, mulailah membuka lemari dan lihat kembali berbagai barang yang kamu miliki. Kamu akan menemukan banyak barang atau pakaian yang bahkan sangat jarang dikenakan. Cek kembali barang-barangmu dan mulailah memilahnya satu per satu, sehingga kamu bisa menemukan barang mana saja yang benar-benar ingin kamu simpan dan gunakan.

Sisanya, kamu bisa memberikannya kepada teman, saudara, atau bahkan menyumbangkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Bukan hanya untuk pakaian, hal ini juga bisa kamu lakukan pada sepatu, buku-buku, dan barang lainnya.

2. Bijak dalam Membeli

Belanja dan membeli berbagai barang merupakan hal yang selalu menyenangkan. Aktivitas ini bisa saja dilakukan kapan saja dengan mudah, bahkan di luar rencana sekalipun. Hadirnya berbagai situs belanja online menjadi salah satu penyebab kamu ingin terus belanja.

Sementara di lain sisi, belum tentu kamu akan membutuhkan berbagai barang-barang tersebut, sehingga pada akhirnya hanya menumpuk di kamar saja. Hentikan kebiasaan yang satu ini dan mulailah untuk belanja dengan bijak, yakni hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

3 dari 5 halaman

3. Beli yang Paling Tepat dan Berkualitas

Banyaknya barang yang kamu miliki, seringkali diakibatkan oleh sikap terburu-buru saat membeli bahkan mengabaikan kualitas barang itu sendiri. Membeli barang yang murah dan banyak, kerap menjadi pilihan daripada membeli satu barang yang sedikit mahal dengan kualitas baik.

Hindari pola pikir yang seperti itu, agar kamu tidak menumpuk berbagai barang yang tidak perlu. Belilah barang yang tepat dan benar-benar dibutuhkan, yang tentunya memiliki kualitas terjamin. (Baca Juga: 4 Tips Psikologis untuk Menghindari Godaan Belanja Online)

4. Manfaatkan Teknologi Digital

Kemajuan teknologi akan menghemat banyak waktu dan tentunya memperbaiki gaya hidupmu. Manfaatkan hal ini dengan baik dan tepat, di mana kamu bisa menggunakan perangkat digital untuk menyimpan koleksi foto, membaca buku secara online, dan lainnya. Semua ini akan membuat hidupmu terhindar dari godaan ingin membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

 

4 dari 5 halaman

5. Kamar Simpel dan Nyaman

Tak perlu menumpuk berbagai barang di kamar tidurmu, terutama jika barang-barang ini tidak begitu dibutuhkan. Tata dan biasakan dirimu dengan kamar tidur yang simpel dan nyaman, di mana kamu hanya menempatkan sejumlah barang yang benar-benar dibutuhkan saja. (Baca Juga: Cara Cerdas Atur Keuangan Bagi yang Doyan Belanja)

6. Gunakan Produk Multifungsi

Lemari besar, ranjang berukuran jumbo, atau bahkan sofa super nyaman dengan ukuran besar tentu bukan perabotan yang sesuai dengan tren minimalis. Hindari semua ini dan mulailah menggunakan produk-produk yang multifungsi dan hemat tempat, di mana satu produk bisa digunakan untuk beberapa manfaat sekaligus.

5 dari 5 halaman

7. Meja Kerja Simpel dan Minimalis

Tak hanya pada pemilihan barang, tren minimalis ini juga bisa kamu terapkan pada meja kerjamu. Hindari berbagai barang yang tidak perlu di meja kerjamu, seperti bingkai foto, hiasan, dan yang lainnya. Miliki meja yang simpel dan nyaman, di mana kamu hanya menempatkan berbagai barang yang benar-benar digunakan untuk bekerja saja, bukan yang lainnya.

Mulai dan Nikmati Hidup Minimalis yang Menyenangkan

Tren minimalis bukanlah sesuatu yang menakutkan dan sulit untuk diwujudkan. Kamu bisa saja dengan mudah menerapkan gaya hidup yang satu ini dengan mudah dan simpel. Mulailah hal ini dari langkah-langkah yang mudah dan nikmati sebagai sesuatu yang menyenangkan, sehingga kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat di dalam kehidupan sehari-hari.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Terlambat dan Menyesal, Jangan Abaikan Asuransi Perjalanan!
Artikel Selanjutnya
7 Langkah Mudah untuk Cepat Naik Jabatan