Sukses

Seleksi Penerimaan CPNS 2018 Tinggal Menunggu Waktu

Saat ini BKN hanya perlu menunggu formasi dari KementerianPANRB untuk kemudian membagikan waktu penerimaan CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah rapat terkait seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 atau disebut penerimaan CPNS 2018 pada Kamis 2 Agustus 2018 di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Pada agenda tersebut, BKN menyampaikan kesiapan instansinya kepada tim besar Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 dalam rangka menyelenggarakan penerimaan CPNS 2018 dalam waktu dekat.

Kepala Biro, Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB, Mudzakhir menuturkan, BKN kini bertugas untuk memproses semua data dan formasi. Formasi tersebut tinggal menunggu waktu untuk dibagikan oleh KementerianPANRB. 

"BKN mengelola proses penerimaan setelah formasi diumumkan. Pengumuman penerimaan CPNS 2018 belum akan dilakukan sampai waktu selesai konsolidasi," tutur dia kepada Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (4/8/2018).

Mudzakhir menambahkan, saat ini BKN hanya perlu menunggu formasi dari KementerianPANRB untuk kemudian membagikan waktu penerimaan CPNS 2018 kepada masyarakat. BKN akan segera mengumumkan formasi tersebut usai masa konsolidasi selesai.

"Tinggal menunggu dari KemenpanRB saja, sehabis itu BKN bakal announce penerimaan CPNS 2018 kepada teman-teman. Kurang lebih seperti itu prosesnya," kata dia. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mau Daftar CPNS 2018? Simak Syarat yang Harus Disiapkan di Sini

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli 2018.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir menyatakan, Kementerian PANRB kini tengah merumuskan mengenai formasi penerimaan CPNS 2018. Ia berharap dalam waktu dekat sudah bisa diumumkan kepada masyarakat.

"Perihal tersebut sedang dalam pembahasan, diharapkan dalam waktu dekat dapat diinfokan ke publik. Nanti akan saya bagikan informasinya segera," ungkapnya kepada Liputan6.com, seperti ditulis Selasa 10 Juli 2018.

Mudzakir memastikan, informasi penerimaan CPNS 2018 akan segera diketahui masyarakat.

"Pasti, saya kan baru dilantik juga ya, jadi saya collect dulu semua info dan datanya, dalam waktu dekat kami bagikan dan umumkan kepada masyarakat," ujar dia.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan penerimaan CPNS bisa berlangsung pada Juli 2018 jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah menyelesaikan formasi penerimaan CPNS.

"Mudah-mudahan saja (dibuka Juli) jika Pak Menteri PANRB sudah oke, formasi sudah ada, daerah dan kementerian atau lembaga dapat berapa formasinya," ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba kesempatan untuk menjadi CPNS tahun ini, ada baiknya menyiapkan syarat-syarat umum.

Dikutip dari akun resmi twitter BKN, pelamar harus menyiapkan scan atau foto ijazah, transkrip nilai, foto, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan nilai TOEFL jika ada.

"Mimin sampaikan hal2 generik saja. Siapkan pula dok CV, nanti tinggal dicopas ke web SSCN," tulis akun tersebut.

Selain itu, Anda juga jangan buru-buru mendaftar. Pelamar harus dengan seksama membaca persyaratan untuk jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

"Sambil menunggu pengumuman penerimaan #CPNS2018 resmi dr @kempanrb, pastikan NIK & KK terdaftar di database nasional @ccdukcapil," tulis admin BKN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini