Sukses

Runway Ketiga Kelar, Bandara Soetta Layani 120 Pergerakan Pesawat per Jam

Angkasa Pura II tengah membangun runway (landas pacu) ketiga di Bandara Soekarno Hatta untuk mendukung target peningkatan pergerakan pesawat dan jumlah penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) membangun landasan pacu alias runway ketiga di Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Soetta sebagai salah satu langkah antisipasi serta mengakomodasi meningkatnya jumlah penumpang. Proyeksinya mencapai lebih dari 100 juta penumpang pada 2025.

Proyeksi tersebut juga dibarengi perkiraan pertumbuhan jumlah pergerakan pesawat. Hal ini mengakibatkan perlunya sarana dan prasarana bandara, baik dari sisi udara maupun sisi darat, ditingkatkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meninjau langsung pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta kemarin (21/6) mengatakan, pertumbuhan penumpang pesawat harus bisa dilihat sebagai peluang pertumbuhan perekonomian. Sehingga pembangunan infrastruktur penerbangan dai sisi darat maupun sisi udara harus dipersiapkan.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia perlu menambah runway guna mengakomodir bertambahnya jumlah penumpang dan pergerakan pesawat," ungkap Jokowi di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Hingga saat ini dengan mengoperasikan dua runway, Bandara Soetta dapat melayani 80+1 pergerakan pesawat terbang per jam. Kehadiran runway ketiga dengan dimensi 3.000 x 60 m2 ini ditargetkan mulai beroperasi pada 2019 untuk mendukung peningkatan pergerakan pesawat mencapai 120 pergerakan per jam.

Memiliki tiga runway tentunya akan memberikan manfaat secara langsung kepada Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta. Sebagai bandara tersibuk di Tanah Air, runway ketiga diyakini akan mampu menambah jumlah rute dan penerbangan, sehingga dapat lebih optimal dalam mendukung pertumbuhan perekonomian dan pariwisata Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi Rp 2 Triliun

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penambahan runway Bandara Soekarno-Hatta akan berdampak besar bagi perusahaan dan memberikan benefit kepada stakeholder perusahaan.

“Bertambahnya fasilitas sisi udara ini akan memperkaya pergerakan pesawat yang saat ini sudah padat. Secara operasional tentunya akan memperlancar pergerakan pesawat," ujarnya.

Hal ini akan membantu Angkasa Pura II dalam mendukung kelancaran lalu lintas penerbangan. Di samping itu, kata Awaluddin, akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian serta pariwisata Indonesia karena rute-rute penerbangan baru akan semakin terbuka.

Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, khususnya runway ketiga, membutuhkan investasi sekitar Rp 2 triliun. Pembangunan runway juga membutuhkan luas lahan mencapai 216 hektare.

Dari kebutuhan lahan tersebut, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut telah memiliki tanah seluas 42,85 hektare, sehingga diperlukan pembebasan tanah seluas 173,19 hektare yang dibiayai dengan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 4 triliun.

Tanah yang dibebaskan mencakup wilayah Kota Tangerang, yakni Kelurahan Selapajang Jaya dan Kelurahan Benda, serta wilayah Kabupaten Tangerang, yaitu Desa Bojong Renged, Desa Rawa Burung, dan Desa Rawa Rengas.

 

3 dari 3 halaman

Runway Keempat

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Angkasa Pura II untuk menyiapkan terminal yang keempat.

Dengan semakin tumbuh dan berkembangnya bandara yang memiliki daya tampung penumpang terbesar di Indonesia, maka Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan semakin kompetitif. Pasa saat ini bandara tersebut telah dinobatkan sebagai bandara paling terkoneksi di Asia Pasifik dan nomor 7 di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini