Sukses

Sapa Pemudik di Bandara Soetta, Jokowi Juga Pantau Proyek Runway

Pada hari ulang tahunnya ini, Jokowi juga mengantarkan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bersama cucunya, Jan Ethes, yang hendak terbang menuju Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Tangerang - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Kamis (21/6/2018). Bukan sekedar kunjungan kerja, pada hari ulang tahunnya itu Jokowi mengantarkan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka bersama cucunya, Jan Ethes, yang hendak terbang menuju Denpasar, Bali.

Jokowi yang datang dengan mengenakan kemeja putih, celana bahan hitam, dan sepatu kets, turut memantau dan menyapa warga di Terminal 1. Dia yang juga didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.30 WIB.

Sembari berjalan, Jokowi juga menyapa salah satu pemudik asal Yogyakarta. "Tadi Pak Jokowi cuma ngomong sedikit, cuma tanya-tanya pulang dari mana, terus bareng siapa pulangnya, terus dia bilang selamat Lebaran ya, gitu saja," ujar Dewi, salah satu pemudik.

Setelah mengantar sang anak dan cucunya, serta menyapa penumpang pada arus balik di Terminal 1C, Jokowi pun bergegas menuju mobilnya untuk meninjau Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Sementara, di proyek pembangunan runway dan taxi way di Terminal 3 Bandara Soetta, Jokowi memastikannya berjalan tepat waktu. Dia berharap, dengan bertambahnya runway di Bandara Soekarni-Hatta, tidak ada lagi antrean pesawat yang hendak lepas landas dan mendarat.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan bandara yang paling sibuk dan paling ramai di negara kita. Pertumbuhan penerbangan penumpang udara di negara kita per tahunnya kurang lebih 9 persen. Oleh karena itu, kita terus bangun airport baru dan terminal baru," tutur Jokowi.

Menurut data yang diperolehnya, pesawat harus antre 20-30 menit untuk take off di Bandara Soekarno-Hatta. Oleh karena itu, dia menilai perlu untuk menambah runway atau landasan pacu ini.

Dia menjelaskan, dengan penambahan runway, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta akan meningkat menjadi 114 pesawat per jam, dari saat ini hanya 81 pesawat per jam.

"Pembangunan tersebut terkait pembebasannya sudah selesai bahkan konstruksinya sudah dimulai proses dan akan selesai pada Juni 2019," kata Jokowi.

Selama meninjau proyek, Jokowi juga didampingi Direktur Utama PT Pembangunan Perusahaan (PP) Lukman Hidayat dan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.