Sukses

8 Cara Sederhana Membunuh Rasa Jenuh Saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Setiap yang bekerja pasti sering kali merasa jenuh atau bosan saat melakukan pekerjaan. Terutama bagi yang bekerja di kantoran, melakukan pekerjaan yang monoton setiap harinya memang kerap kali membuat kita jenuh.

Belum lagi jika kamu mempunyai pekerjaan menumpuk yang harus diselesaikan sesuai dengan deadline. Hal itu pasti membuat kamu tidak bisa berpikir dengan jernih dalam bekerja yang berujung pada kejenuhan.

Meski demikian, rasa jenuh itu jangan membuat kamu merasa lelah dalam bekerja, apalagi jika memutuskan untuk resign.

Jika kamu dalam posisi tersebut, kamu perlu ikuti tips berikut untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja, seperti dikutip dari Laruno.id.

1. Istirahat sejenak

Istirahat memang cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa jenuh saat bekerja. Tidak perlu menunggu waktu istirahat untuk melakukannya, kamu dapat beristirahat di sela-sela waktu bekerja. Luangkanlah 5 menit untuk menenangkan pikiran, kamu bisa melakukanya beberapa kali sesuai kebutuhan.

2. Berinteraksi dengan rekan kerja

Jika sama-sama memiliki waktu luang, ajaklah rekan kerja untuk mengobrol. Berinteraksi bukan hanya sekadar mengilangkan rasa jenuh, tapi juga memperkuat tali pertemanan.

Hal yang harus diperhatikan adalah topik pembicaraan. Hindari pembicaraan mengenai pekerjaan. Alih-alih menghilangkan rasa jenuh, malah tambah jenuh. Carilah topik pembicaraan yang lain, seperti mengobrol mengenai hal pribadi atau keluarga.

1 dari 4 halaman

3. Bercanda dengan rekan kerja

Sesekali kamu bisa melakukan hal yang menyenangkan, seperti menjahili rekan kerja, dengan syarat tidak melewati batas. Dengan cara ini, pasti akan menimbulkan suasana bahagia yang membuat kamu tertawa. Hal ini akan memengaruhi otak kamu agar fresh kembali.

4. Mengecek media sosial

Bermain handphone memang tidak dilarang saat bekerja, asal tahu waktu. Kamu bisa sesekali mengecek media sosial untuk meihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Melihat berita baru di media sosial, akan mengalihkan pikiranmu sementara waktu dari pekerjaan.

2 dari 4 halaman

5. Mendengarkan lagu

Musik memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Musik selalu membuat orang terbawa suasana saat mendengarkannya. Kamu bisa mendengarkan lagu favorit saat sedang bekerja. Jika tidak ingin membuat orang lain tertanggu, gunakanlah headset.

Carilah lagu favorit yang bergenre ceria agar kamu terbawa ceria saat mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya jenuh saat bekerja.

6. Melakukan hal yang menyenangkan

Carilah kesenangan yang bisa membuat kamu bahagia. Misalnya dengan membaca buku, menonton drama/flim atau menonton video lucu. Intinya carilah kegiatan yang bisa membuat kamu terhibur.

3 dari 4 halaman

7. Sediakan camilan

Bagi kamu yang suka ngemil, tidak ada salahnya menyediakan makanan di meja kerja. Kamu bisa membawanya dari rumah atau membelinya di supermarket. Hal ini bisa membuat kamu lebih rileks saat bekerja. Pikiran kamu akan terbagi menjai dua, yaitu fokus bekerja dan fokus ngemil.

8. Berpikir positif

Tetaplah berpikir positif saat kamu jenuh dalam bekerja. Misalnya, dengan cara bersyukur atas apa pekerjaan yang kamu miliki sekarang. Dengan berpikir positif, akan mendorong semangat dalam bekerja.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Artikel Selanjutnya
3 Jurus Jitu Jualan Lewat Email, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
3 Tips Jitu Memilih Smartphone Terbaik untuk Berbisnis