Sukses

Jenuh dan Lelah dengan Pekerjaan Kantor? Buruan Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor setiap harinya memang sangat wajar terjadi pada semua orang. Namun, Anda sebaiknya juga harus bisa mengerti bagaimana cara mengatasi semua rasa bosan tersebut. Jangan ragu mencari solusi untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah di kantor.

Dalam satu minggu, Anda menghabiskan lima hari untuk bekerja seharian dengan berbagai macam kegiatan kantor lainnya. Belum lagi, ada banyak halangan di luar pekerjaan, seperti masalah dengan teman sejawat atau ada teman-teman yang usil.

Untuk menghindari rasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya seperti yang dikutip dari Cermati.com.

1. Ubah Suasana Meja Kerja

Cobalah untuk mengubah suasana meja kerja atau ruangan Anda. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan cukup efektif untuk diterapkan ketika rasa jenuh melanda.

Anda bisa menambahkan action figure, mini collection, atau bingkai foto orang tersayang. Jangan ragu untuk meletakkan cemilan kue kering sekalipun sekadar kacang-kacangan. Cara ini terbukti cukup efektif dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah dengan berbagai pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya.

2 dari 4 halaman

2. Ubah Cara Bergaul di Kantor

Bergaulah dengan cara yang baik di kantor Anda. Sebab, bisa jadi ketidaknyamanan Anda disebabkan kerena masalah bersosialisasi di kantor. Jangan malu untuk bergabung dan hangout dengan teman kantor Anda.

Hindari melakukan hal yang terkesan berlebihan, misalnya pamer atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Usahakan selalu jujur. Sebab bagaimana pun jujur akan jauh lebih baik dan membuat Anda nyaman dalam menjalani hari-hari di kantor. (Baca Juga: Pinjam Uang: KTA vs Pinjaman Fintech. Pertimbangkan Ini Sebelum Jatuhkan Pilihan)

3. Diskusi tentang Banyak Hal

Teman kantor tidak hanya bisa diajak berdiskusi urusan pekerjaan. Anda juga bisa mengajak mereka untuk berdiskusi tentang pekerjaan kantor. Jangan ragu untuk berdiskusi tentang hal apa pun, misalnya membicarakan tentang hobi Anda.

Siapa tahu Anda dan teman-teman kantor Anda memiliki hobi yang sama. Hal ini juga bisa membuat Anda jauh lebih dekat dengan mereka, bahkan membuat Anda bisa jauh lebih nyaman untuk berada di kantor.

3 dari 4 halaman

4. Makan Siang di Luar Kantor

Salah satu cara mengatasi rasa bosan dengan pekerjaan di kantor adalah dengan mengisi waktu luang semisal istirahat makan siang di luar kantor. Anda bisa keluar kantor untuk makan siang, bahkan bisa pergi makan bersama dengan teman-teman kantor.

Jangan ragu untuk melakukan kegiatan di luar kantor selama hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan. Makan siang di luar kantor akan membuat Anda lebih rileks. Jika pergi bersama teman, Anda juga bisa dekat dengan teman tersebut dan dapat bertukar pikiran dengan mereka. Cobalah hal-hal yang baru dan sekiranya bisa memberikan Anda suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh.

5. Mencari Pekerjaan Baru

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa jenuh dengan pekerjaan di kantor adalah mencari pekerjaan yang baru. Cara ini bisa saja Anda lakukan, tapi harus dengan penuh pertimbangan dan keyakinan yang benar-benar mantap.

Jangan pernah mengambil sebuah keputusan dengan tergesa-gesa. Sebab hal tersebut akan sangat membahayakan, bahkan membuat Anda merasa menyesal di kemudian hari. Pastikan jika Anda memang nantinya memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. (Baca Juga: Belum Mendapat Balasan Surat Lamaran? Mungkin Ini Penyebabnya)

4 dari 4 halaman

Haruskah Bekerja Sesuai Passion atau Bidang yang Disukai?

Jawabanya adalah tidak selalu. Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka sukai. Jangan pernah merasa tidak beruntung jika Anda kurang nyaman dengan pekerjaan sekarang. Sebab, bisa jadi hal tersebut adalah yang terbaik untuk Anda.

Jangan pernah menganggap jika setiap orang pasti akan bekerja sesuai dengan bidang yang disukai. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda dapatkan. Jalani apa yang ada di hadapan Anda.

Anda bisa saja berpindah kantor atau alih profesi. Namun, cobalah untuk memikirkannya berkali-kali agar nantinya tidak mengalami penyesalan yang tidak ada ujungnya dan malah membuat Anda merasa stres.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Wajib Dicoba
Artikel Selanjutnya
7 Cara Efisien Kelola Keuangan Usaha