Sukses

4 Tips Ampuh Mudik Hemat Agar Keuangan Tetap Sehat

yuk, perhatikan beberapa tips untuk menghemat pengeluaran selama mudik lebaran tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Ketika datang bulan Ramadan yang merupakan bulan suci bagi umat muslim, maka suasana yang ada di Indonesia menjadi sangat berbeda. Kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan dan minuman yang menjajakan takjil di pinggir jalan menjelang waktu berbuka.

Tak hanya itu saja, suasana Ramadan akan lebih terasa ketika kamu sudah memasuki minggu ketiga dan keempat. Orang-orang akan berbelanja kebutuhan untuk lebaran, sehingga pusat perbelanjaan akan penuh sesak oleh para pengunjung.

Ditambah lagi, jika kamu akan melakukan perjalanan mudik, pastinya persiapan yang diperlukan cukup menyita waktu, tenaga, dan juga uang.

Sudah bukan hal yang asing lagi jika perjalanan mudik selalu menghabiskan cukup banyak dana. Uang THR (Tunjangan Hari Raya) yang diberikan, terkadang tidak bisa mencukupi biaya selama mudik lebaran. Besar pasak daripada tiang pun kerap kali terjadi.

Biasanya setelah mudik lebaran, ada banyak orang yang mengalami defisit keuangan. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi pada dirimu ketika mudik lebaran tahun ini, perhatikan beberapa tips untuk menghemat pengeluaran selama mudik dari HaloMoney.co.id berikut ini:

1. Rencanakan pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan semua pengeluaranmu selama mudik lebaran, mulai dari biaya transportasi mudik, biaya perjalanan saat mudik, biaya oleh-oleh yang akan kamu beli, biaya makan dan minum saat mudik, biaya selama berada di kampung halaman, dan juga biaya pasca mudik yang juga harus kamu perhitungkan.

Kenapa biaya pasca mudik penting direncanakan? Karena ini adalah solusi cerdas agar nantinya kamu tidak bokek setelah pulang dari mudik lebaran. Paling tidak sisihkanlah 10-15 persen dari total anggaran yang akan digunakan untuk lebaran.

Misal, anggaran lebaran kamu Rp 5 juta, maka 10 persen adalah Rp 500 ribu. Maka dana Rp 500 ribu jangan kamu bawa mudik atau simpan dalam tabungan agar tidak terpakai selama mudik lebaran.

Baca juga: Pinjaman Cepat untuk Kebutuhan Lebaran dll

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat prioritas dan pangkas anggaran yang tak perlu

Kartu kredit ternyata bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran mudik. Salah satu kartu kredit yang bisa kamu gunakan adalah kartu kredit BCA. Maklum kartu kredit BCA dikenal memiliki banyak promosi untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya.

Jika rencana pengeluaran mudik yang kamu buat melebihi anggaran, maka buatlah prioritas pengeluaran mana yang lebih penting untuk didahulukan. Baru setelah itu, kamu bisa memangkas anggaran dari pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Belajarlah untuk bersikap tegas pada diri sendiri, agar nantinya pada saat mudik lebaran berlangsung, kamu tidak ragu untuk mengatakan tidak pada godaan-godaan dari pihak lain yang mendorongmu untuk mengeluarkan dana tambahan di luar dari anggaran yang sudah direncanakan.

Baca juga: Aturan Penting THR 2018 yang Wajib Kamu Tahu

3. Selalu catat dan simpan bon pembelanjaan

Terkadang kita bingung sendiri, kenapa dana mudik cepat habis, padahal menurutmu dana yang dikeluarkan sudah sesuai dengan anggaran. Inilah alasan utama kamu harus mencatat dan menyimpan bon pembelanjaan agar nantinya pengeluaran mudik bisa terkontrol dengan baik.

Memang terdengar sepele karena tak sedikit orang yang membuang bon atau struk pembelanjaan mereka setelah melakukan pembayaran. Tapi ketika mudik nanti, jangan lupa untuk selalu mencatat apa yang kamu belanjakan dan simpan bon pembelanjaan, ya!

3 dari 3 halaman

4. Menggunakan kartu kredit

Selama mudik lebaran, banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan kartu kredit. Salah satunya kartu kredit BCA yang kali ini memiliki banyak promo.

Dengan beragam promo kartu kredit BCA, kamu bisa membuat pengeluaran mudik jadi lebih hemat. Simak beragam manfaatnya dari blog HaloMoney.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.