Sukses

Pengembang Ini Bangun Perumahan Berkonsep Listrik Mandiri

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi energi matahari yang cukup besar karena mendapat cahaya matahari sepanjang tahun.

Liputan6.com, Jakarta - AKI Group melalui salah satu anak usahanya, PT Sukses Indonesia Anugerah Property (SIAP) mengembangkan perumahan berteknologi solar panel di Tigaraksa, Tangerang. Langkah ini dianggap sebagai terobosan baru untuk menggalakkan pengembangan hunian yang ramah lingkungan dan mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan.

Founder & CEO AKI Group, Victor Wirawan, mengatakan ide pengembangan perumahan berteknologi solar panel ini, berawal dari sebuah pemikiran , bagaimana membuat perumahan yang ramah lingkungan dan mampu memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy).

Menurut dia, Indonesia adalah negara yang memiliki potensi energi matahari yang cukup besar karena mendapat cahaya matahari sepanjang tahun.

Potensi energi surya di Indonesia sekitar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp, namun yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp.

"Terobosan ini merupakan langkah awal kami dalam mengembangkan perumahan berkonsep listrik mandiri di Klaster Alamanda yang lokasinya dekat dengan Stasiun Tigaraksa," jelas dia seperti ditulis Liputan6.com, Selasa (1/5/2018)

Dengan pemasangan solar panel di setiap atap rumah yang akan dikembangkannya nanti akan mampu mengurangi pemakaian listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga 60 persen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Mulai Rp 200 Jutaan

"Energi yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung digunakan dan selebihnya akan disalurkan ke dalam jaringan PLN, sehingga dapat menekan pembayaran dari biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN,” kata Victor.

Berkat pengembangan yang kreatif dan inovatif itu, AKI Group baru saja dianugerahi penghargaan dari Indonesia Trusted of Quality Award untuk kategori “A Leading Property Development Company in Developing Solar Panel Technology Housing”.

Klaster Almanda terletak di komplek perumahan Bhuvana Village Regency, yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari Stasiun Tigaraksa.

Adapun harga awal, AKI Group akan merilis harga mulai dari Rp 200 jutaan. Perumahan bergaya modern minimalis dan dikelilingi area yang hijau tersebut dibangun di atas lahan seluas tujuh hektare.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.