Sukses

Dukung UMKM, Amar Bank Gandeng Mekar Investama

Amar Bank menyalurkan pembiayaan kepada beberapa lembaga keuangan mikro yang merupakan mitra dari Mekar.

Liputan6.com, Jakarta - Amar Bank berkolaborasi dengan PT Mekar Investama Sampoerna (Mekar) untuk menyalurkan fasilitas kredit kepada sejumlah Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia. Kerja sama ini untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian menjelaskan, dalam kerja sama ini Amar Bank menyalurkan pembiayaan kepada beberapa lembaga keuangan mikro yang merupakan mitra dari Mekar. Dana tersebut kemudian akan diteruskan kepada ribuan UMKM yang berada di beberapa kota di Indonesia.

"Kami akan terus mengevaluasi peluang untuk dapat menyediakan akses perbankan bagi nasabah yang membutuhkan," jelas Vishal seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (18/4/2018). 

Mekar merupakan perusahaan teknologi finansial Indonesia yang mempertemukan peminjam dengan pendana atau disebut peer to peer lending. Mekar akan menjalin kerja sama dengan LKM yang dipandang sehat, memiliki potensi pertumbuhan, dan membutuhkan investor untuk memberikan pinjaman atas UMKM yang dibina oleh LKM tersebut.

Dengan membantu dari sisi supply, Mekar berharap kerja sama seperti ini dapat mendukung pertumbuhan UMKM.

Penyaluran dana dari Amar Bank kepada Mekar akan diteruskan kepada dua mitra usaha bisnis, yaitu Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) dan Koperasi Abdi Kerta Rahardja (AKR).

Koperasi ini telah membina lebih dari ratusan ribu peminjam UMKM dari berbagai wilayah diIndonesia. Mekar yang berperan sebagai marketplace juga akan melakukan proses pemantauan penyaluran dana kemitraan kepada para peminjam yang telah mendapat bantuan penyaluran dana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaburasi

CEO Mekar Thierry Sanders mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, ribuan perempuan pengusaha mikro di Indonesia akan mendapatkan pembiayaan yang mereka butuhkan untuk mengembangkan usahanya.

“Adalah sebuah kehormatan bagi perusahaan fintech seperti Mekar untuk bekerja sama dengan Amar Bank,” kata dia.

Direktur kebijakan Publik Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) Ajisatria Suleiman sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Amar Bank dan Mekar.

“Ini merupakan bentuk dukungan kepada program pemerintah yang terus mendorong perbankan untuk meningkatkan pemberian kredit kepada usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia," ujar dia. 

Ajisatria melanjutkan, ssosiasi berharap penetrasi akses perbankan akan terus meningkat dengan adanya kolaborasi antara bank dan fintech company seperti ini

Kolaborasi co-lending dan co-marketing adalah tren yang tengah berkembang bagi perusahaan fintech dengan perbankan. Kolaborasi dengan perbankan diantaranya dimaksudkan, untuk mendapatkan konsumen bagi perusahaan fintech yang tidak dapat diserap oleh perbankan dalam pembiayaan kredit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.