Sukses

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Persiapkan Masa Pensiun

Memilih instrumen investasi yang tepat untuk tabungan masa depan akan menjamin hari tua semakin bahagia. Berikut beberapa jenis investasi yang bisa disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk bisa hidup tenang di hari tua nanti, tentu masalah finansial menjadi faktor utama. Bagaimana Anda bisa menikmati hidup dengan tenang dan nyaman kalau masih memiliki kekhawatiran finansial?

Menyiapkan masa tua yang nyaman dan tenang tentu ada strategi yang perlu dilakukan. Terutama soal keuangan yang akan menjamin kehidupan baik saat masa pensiun tiba. Umumnya, orang akan memilih berinvestasi untuk mengambil keuangan di masa tua. Sayangnya, tak semua paham bagaimana memilih investasi yang tepat.

Pasalnya, memilih instrumen investasi yang tepat untuk tabungan masa depan akan menjamin hari tua semakin bahagia. Nah, dilansir dari Swara Tunaiku, ada beberapa jenis investasi yang bisa disiapkan. Berikut uraiannya:

1. Asuransi investasi

Salah satu instrumen investasi yang aman dan memiliki manfaat tambahan. Asuransi investasi adalah sebuah sistem yang praktis dan bisa membuat Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus, perlindungan dan investasi uang sebagai tunjangan di masa depan.

Sistem pembayarannya pun praktis, bisa melalui kartu kredit atau auto-debet. Tentunya ini sangat membantu, bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menabung biasa

Bagi Anda yang menyukai investasi dengan cara konvensional, maka menabung dapat jadi pilihan. Menabung biasa di bank atau menyimpan aset berharga seperti uang dollar, emas, atau perhiasan memang tidak akan membuat Anda lebih untung dari jenis investasi lainnya. Namun jika hal darurat terjadi, penyimpanan jenis ini akan sangat memudahkan.

Terlebih, jika Anda merasa lebih aman dengan cara ini, maka lakukanlah. Namun, sebaiknya beberapa bagian harta dapat disimpan dengan cara yang modern, yaitu menyimpan uang secara digital.

3. Real Estate Investment Trusts (REITs)

Real Estate Investment Trust atau yang biasa disebut REITs, merupakan instrumen investasi berupa surat berharga yang dapat dibeli oleh investor dari perusahaan yang menerbitkan REITs. Mirip dengan surat saham, memang karena seperti mencerminkan kepemilikan atas sebuah perusahaan tertentu.

Tapi keunggulan REITs yang berbeda dari surat saham adalah REITs memiliki sumber alternatif pembiayaan dengan perlakuan perpajakan khusus dengan deviden yang cukup tinggi.

3 dari 3 halaman

4. Dana anuitas

Dana anuitas adalah instrumen investasi yang memberikan Anda jaminan sejumlah uang setiap bulannya. Anggap saja seperti mendapatkan gaji pensiun dari perusahaan asuransi tersebut setiap bulannya.

Supaya di masa tua Anda bisa mendapatkan gaji pensiun dari perusahaan asuransi, maka menabunglah dari sekarang. Hasil tabungan Anda ini nanti akan diberikan setiap bulannya hingga nasabah meninggal dunia.

5. Obligasi korporasi

Dana pensiun obligasi masih menjadi salah satu pilihan utama instrumen investasi pensiun kalau melihat data dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Hal ini wajar kalau mengingat tingkat keamanannya yang tinggi dan balik hasilnya yang maksimal.

Memiliki sistem kerja yang mudah, Anda hanya perlu meminjamkan uang kepada pemerintah atau perusahaan dengan membeli surat obligasi. Lalu, Anda akan mendapatkan bunga dari pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan mulai dari satu tahun hingga sepuluh tahun. Selain itu, jika sudah jatuh tempo, maka uang Anda pun akan dikembalikan beserta bunga yang didapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini