Sukses

Persiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin, Ini yang Harus Anda Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah Anda memikirkan dana pensiun? Walaupun terbebas dari rutinitas kerja harian di kantor. Namun Anda tetap harus memiliki sumber dana untuk hidup. Untuk itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan. Berikut daftarnya menurut DuitPintar.com.

1. Hitung anggaran dana pensiun 

Mau enggak mau, kalau ingin menikmati masa pensiun, Anda harus menyiapkan anggaran. Ingat, saat pensiun nanti Anda sudah tidak bekerja lagi. Jadi pendapatan tidak akan masuk tiap bulannya.

Oleh karena itu, hitung dulu berapa anggaran pensiun yang udah disiapkan selama bekerja. Kalau dari awal Anda memiliki sistem keuangan yang baik, Anda pasti Anda sudah menyiapkan dana pensiun.

Anggaran dana pensiun ini bisa digunakan buat kebutuhan harian. Misalnya, biaya makan, biaya listrik, biaya transportasi dan biaya lainnya.

2. Mulai berhemat

Menjadi seorang pensiunan nantinya akan mengubah gaya hidup Anda. Kalau biasanya Anda memiliki jadwal setiap minggu makan di restoran, ya harus dikurangi.

Anda harus mulai berhemat agar tabungan terkumpul dengan maksimal. Ya minimal memilih untuk masak sendiri di rumah.

Selain menghemat anggaran makan, Anda juga harus menghemat pengeluaran hiburan keluarga. Kurangi jadwal nonton di bioskop atau liburan setiap minggu. Karena biaya-biaya ini biasanya jarang terkontrol.

3. Cari pekerjaan ringan untuk tetap dapat pemasukan

Bagaimanapun, seorang pensiunan harus tetap punya duit. Karena enggak mungkin terus menerus ngandelin duit dari dana pensiun. Makanya disarankan buat para pensiunan untuk tetap cari pemasukan.

Banyak kok pekerjaan yang bisa dilakukan oleh para pensiunan. Buka usaha rumahan misalnya. Atau bisa jadi sopir taksi online. Pokoknya cari pemasukan yang cara kerjanya enggak banyak menyita waktu.

 

2 dari 3 halaman

4. Bergabung dengan komunitas atau relawan untuk tetap beraktivitas

Biasa sibuk dengan rutinitas sehari-hari, para pensiunan mungkin akan merasa jenuh jika terus diam di rumah. Makanya, para pensiunan ini disarakan untuk ikut komunitas atau relawan agar tetap bisa beraktivitas.

Atau mungkin inilah saatnya buat para pensiunan yang ingin mengabdikan dirinya menjadi relawan sosial. Banyak kok kegiatan-kegiatan sosial yang butuh tenaga para pensiunan ini.

5. Pilih investasi yang risikonya paling kecil

Pensiunan yang tetap ingin berinvestasi harus memilih instrumen investasi yang risikonya paling minim. Ada beberapa jenis investasi yang disarankan buat para pensiunan. Reksadana atau oglibasi misalnya.

Memang sih keuntungan reksadana dan obligasi tak sebesar investasi saham. Tapi semakin besar keuntungannya, maka risikonya juga makin tinggi. Atau kalau sudah terlanjur investasi saham, tidak ada salahnya untuk dialihkan ke reksadana atau obligasi. Atau instrumen investasi lain yang lebih minim risikonya.

6. Pikirkan jaminan kesehatan pasca pensiun kerja Anda

Jaminan kesehatan seseorang enggak ada batasnya, sekalipun Anda seorang pensiunan. Makanya sebelum memutuskan untuk pensiun kerja, Anda harus benar-benar memikirkan soal jaminan kesehatan pasca-pensiun.

Anda bisa memilih produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan atau juga asuransi swasta. Pilihlah secara teliti produk mana yang bisa menjamin kesehatan Anda hingga hari tua dengan nyaman dan aman.

 

3 dari 3 halaman

7. Tinggal di desa

Tak ada salahnya kok kalau Anda memutuskan pensiun kerja, terus memilih hidup sederhana. Hidup sederhana di sini maksudnya Anda bisa pindah rumah ke desa yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Anda bisa jual rumah di kota dan membeli rumah di desa yang jauh lebih murah. Hasil jual rumah tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain selama hidup di desa.

Jangan salah, hidup di desa selama masa pensiun ini bisa jadi pengalaman baru. Selain bisa menikmati udara perkampungan yang segar setiap hari, Anda juga terbebas dari rutinitas kota yang begitu sumpek.

Selain itu, Anda juga bisa memberdayakan orang-orang desa untuk berkegiatan membangun kampung. Lumayan kan pengalaman yang setiap hari Anda lakukan di kota bisa bermanfaat buat orang desa.