Sukses

Intip Kebiasaan Unik Walt Disney yang Jarang Orang Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai tokoh pendiri Walt Disney Productions atau yang sekarang dikenal sebagai The Walt Disney Company, nama Walt Disney tentu sudah tak asing lagi di telinga banyak orang.

Seorang produser film, sutradara, animator, sekaligus pengisi suara berkebangsaan AS ini memiliki pengaruh penting dalam dunia hiburan.

Banyak pengalaman yang telah dia lalui sepanjang hidupnya. Mulai dari harus bersaing dengan berbagai macam tugas yang berbeda, seperti mengkaji papan cerita film hingga merencanakan pembangunan Disneyland untuk membangun kehadiran televisi di studio.

Kemudian perannya yang juga bergeser saat The Walt Disney Co. berubah drastis selama bertahun-tahun, mulai dari studio animasi pemula sampai ikon Hollywood yang hebat.

Namun meski begitu, Disney memiliki beberapa kebiasaan dan strategi yang tetap bertahan dengannya selama bertahun-tahun. Beberapa dari praktik ini bahkan membantu membentuk karyanya.

Kira-kira seperti apa kebiasaan dan strategi dari seorang Walt Disney ya? Melansir laman Business Insider, Minggu(11/3/2018), berikut uraiannya:

1. Terkadang Disney terbangun pukul 5.30 pagi. Kemudian dia bermain golf.

2. Sarapan merupakan hal sederhana untuk Disney. Dia biasanya sarapan dengan roti panggang, telur, jus, dan mungkin sosis.

3. Penulis biografi Bob Thomas menulis Disney sering mulai bekerja sekitar pukul 8 pagi. Disney akan memulai hari itu dengan meninjau papan cerita atau mengadakan konferensi di kantornya.

4. Disney menyimpan beberapa penghargaan paling berharganya di atas meja, termasuk Oscar pertamanya. Dia memenangkan 32 penghargaan Academy antara tahun 1931 dan 1968.

5. Kemudian di pagi hari, Disney akan melihat-lihat studio atau pergi memeriksa WED Enterprises, tim riset dan pengembangan tema taman yang sekarang dikenal sebagai Walt Disney Imagineering. Dia biasanya akan kembali ke kantornya pada siang hari.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

6. Dia minum kopi sekitar jam makan siang.

7. Jika tidak minum kopi, biasanya makan siangnya terdiri dari makanan ringan dan segelas jus tomat V8. Menurut penulis biografinya, Neil Gabler, Disney berpikir bahwa "Terlalu banyak makan membuat Anda berpikir dengan bingung". Dia tidak setuju dengan karyawan yang lama saat makan siang.

8. Namun, dia suka ngemil saat bekerja. Disney diketahui terus-menerus menyelipkan kacang dan kerupuk di saku jaketnya.

9. Sebagai bos, Disney tidak pernah berlebihan dengan pujian, tapi Thomas menulis bahwa karyawannya menganggapnya sebagai "sebuah kemenangan" jika Disney meneteskan air mata atas naskah atau adegan yang sedang mereka jalani.

10. Entah dia di set atau ke studio, Disney "tidak suka disapa," menurut Thomas. Dia berusaha menghafal nama karyawan. Bahkan saat studio tumbuh, dia mempelajari file yang sesuai dengan foto karyawan sesuai namanya.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

11. Saat sore, Disney sibuk menghadiri pertemuan sampai pukul 5 pagi. Kemudian, Gabler menulis, Disney akan menelepon dan menandatangani surat.

12. Sekretaris Tommie Wilck akan mempersiapkan Disney minuman Scotch Mist pada akhir hari kerja. Minumannya "kebanyakan es," kata Wilck, dalam sebuah wawancara dengan The Walt Disney Family Museum. "Dia mungkin telah mengkonsumsi banyak cairan tapi saya tidak berpikir dia benar-benar mendapat banyak minuman keras," katanya.

13. Karena cedera saat bermain polo pada tahun 1938, Disney menerima perawatan pijat dari perawat pribadinya dan kepercayaannya, Hazel George. Kemudian, dia pulang ke rumah untuk makan malam bersama istrinya, Lillian, dan kedua putrinya.

14. Hidangan favorit Disney adalah cabai dan kacang. Thomas menulis bahwa dia adalah "seorang ahli" makanan, "lebih suka menggabungkan sekaleng Gebhardt, yang memiliki lebih banyak daging dan sedikit kacang, dengan sekaleng Dennison, yang memiliki lebih sedikit daging dan lebih banyak kacang."

15. Ketika makan malam, seleranya sangatlah sederhana. Dia lebih menyukai hati ayam dan mac and cheese over "potongan daging yang mahal".

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

16. Namun terkadang, saat sudah tiba waktu makan malam, Disney bahkan belum sampai rumah. Dia kadang-kadang akan tetap di kantor semalam, dan seringkali mengejutkan karyawannya dengan check-in larut malam.

17. Kantor besarnya di lantai tiga studio Burbank bahkan termasuk tempat baginya untuk tidur.

18. Namun terkadang, dia tidak tidur sampai tengah malam.

19. Saat dia tidak bekerja, Disney memiliki sejumlah hobi yang dijalani. Dia suka polo, senam, seluncur es, dan menari. Banyak dari aktivitas ini terjadi setelah gangguan sarafnya, pada tahun 1931, disebabkan oleh kerja paksa dan kegelisahan.

20. Di luar pekerjaan, Disney juga memiliki ketertarikan dengan kereta api. Dia bahkan membangun model mesin uap yang melingkari rumahnya di Holmby Hills, Los Angeles.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

21. Dalam profil majalah Time 1957, Disney mengaku telah melupakan liburan dan bekerja 14 jam sehari di titik-titik tertentu dalam kariernya.

22. Tapi seperti Walt Disney Co yang stabil, Disney dan Lillian meluangkan waktu untuk pergi dengan kapal pesiar, melakukan perjalanan darat, dan mengunjungi resor.

23. Meski begitu, perusahaannya yang terus berkembang selama beberapa dekade, membuat dia tidak dapat lama-lama meninggalkannya.

"Orang sering bertanya kepada saya, apakah saya tahu rahasia kesuksesan, dan jika saya bisa memberi tahu orang lain bagaimana membuat impian mereka menjadi kenyataan," tulisnya dalam majalah Wisdom edisi 1959, "Jawaban saya adalah, Anda melakukannya dengan bekerja."

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Catat Tanggalnya, Ini 10 Film Disney yang Dirilis pada 2018
Artikel Selanjutnya
Percantik Disneyland Paris, Walt Disney Kucurkan Rp 34 Triliun