Sukses

Sering Travelling? Perlindungan Diri Ini Perlu Anda Miliki

Untuk menghindarkan dari segala jenis risiko yang dapat terjadi selama perjalanan, ada baiknya jika Anda melindungi diri.

Liputan6.com, Jakarta - Sering dinas luar kota? Liburan? atau travelling ke tempat-tempat yang jauh? Ada baiknya jika memiliki perlindungan diri yang dapat menjamin perjalanan Anda agar tetap nyaman dan aman.

Tak dapat dipungkiri, ada banyak risiko yang bisa terjadi selama perjalanan menuju tempat tujuan, seperti keterlambatan pesawat, barang bagasi yang hilang, kecelakaan pesawat, dan lainnya yang tentu saja dapat merugikan.

Untuk menghindarkan dari segala jenis risiko yang dapat terjadi selama perjalanan, ada baiknya jika Anda melindungi diri.

Ada banyak jenis perlindungan perjalanan yang bisa digunakan. Namun kebanyakan orang hanya menggunakan salah satu jenis perlindungan saja, padahal dari setiap perlindungan perjalanan tersebut ada banyak keuntungan di dalamnya.

Berikut ini beberapa jenis-jenis perlindungan perjalanan yang perlu diketahui seperti dikutip dari Cermati.com, Jumat (29/12/2017):

Perlindungan Maskapai Penerbangan

Jenis perlindungan ini biasanya sudah diberikan pada pengguna jasa pesawat. Ketika Anda membeli tiket pesawat, cobalah untuk memperhatikan harga yang tertera pada tiket tersebut. Biasanya akan ada beban tambahan yang dikenakan.

Charge yang diberikan oleh maskapai penerbangan untuk perlindungan perjalanan. Namun biasanya, asuransi yang ditawarkan ini dapat berupa pilihan sehingga Anda bisa mengambilnya ataupun tidak.

Perlindungan yang berasal dari maskapai penerbangan ini hanya dapat berlaku dalam satu kali perjalanan saja sesuai dengan tiket pesawat yang dibeli. Ini artinya, selama dalam perjalanan yang sesuai dengan tiket pesawat tersebut, Anda akan dilindungi oleh maskapai penerbangan dari keberangkatan hingga di bandara tujuan.

Manfaat dari perlindungan ini dapat dirasakan mulai dari keterlambatan atau delay pesawat dan bagasi, kehilangan dokumen, kerusakan bagasi, serta biaya medis.

(Baca Juga: Gejala Asam Urat, Penyebab Penyakit Asam Urat, Pengobatan dan Pencegahan yang Harus Dilakukan)

Asuransi Perjalanan Pribadi

Asuransi perjalanan merupakan bentuk perlindungan yang diberikan sebuah perusahaan asuransi kepada Anda yang sedang dalam perjalanan atau bepergian dari segala hal risiko kecelakaan ataupun kerugian yang dapat dialami selama dalam perjalanan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan asuransi perjalanan pribadi seperti ini. Salah satunya yaitu jangkauan wilayahnya lebih luas, bahkan hingga ke seluruh dunia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bepergian atau berlibur ke wilayah-wilayah yang asing.

Bagi Anda yang seringkali bepergian, bisa memilih untuk asuransi perjalanan tahunan yang mana tidak dimiliki dan disediakan oleh maskapai penerbangan yang digunakan. Namun jika hanya sesekali saja bepergian, Anda bisa menggunakan asuransi perjalanan harian.

Lalu bagaimana memilih asuransi perjalanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda? pastikan untuk memilih jenis asuransi yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Saat ini banyak sekali penyedia asuransi perjalanan yang dapat dipilih dan manfaatkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaminan Kartu Kredit

Perlindungan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat perjalanan ke luar kota maupun keluar negeri semakin nyaman dan aman adalah jaminan pada kartu kredit yang dimiliki.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kartu kredit menjadi salah satu metode pembayaran yang banyak dipilih saat ini. Tak hanya mudah dalam penggunaan, membawa kartu kredit akan lebih praktis dibandingkan dengan uang tunai. Sehingga tak heran jika banyak orang yang lebih memilih menggunakan kartu kredit ketika travelling atau bepergian.

Namun tak hanya memudahkan transaksi selama berlibur, kartu kredit juga menawarkan perlindungan yang mungkin belum banyak orang ketahui. Kartu kredit juga memberikan perlindungan untuk perjalanan yang dilakukan.

Lalu bagaimana caranya? Anda cukup memiliki kartu kredit saja dan otomatis Anda akan mendapatkan asuransi perjalanan tersebut saat akan membeli tiket penerbangan dengan kartu kredit.

Biasanya tidak akan ada batasan mengenai maskapai penerbangan yang digunakan. Bahkan sesekali Anda juga bisa mendapatkan diskon dan promo menarik yang bisa dimanfaatkan.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Banyak sekali jenis-jenis perlindungan perjalanan yang bisa dipilih untuk menjamin kenyamanan selama perjalanan.

Namun bukan berarti jika memilih semua jenis perlindungan tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan Anda sehingga perlindungan yang digunakan akan terasa manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.