Sukses

Begini Cara Beli Kartu Uang Elektronik Pakai Go Jek

Bank penyedia layanan transaksi nontunai melibatkan Go-Jek untuk mendorong pencapaian target transaksi nontunai seluruh jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Lima penyedia layanan transaksi nontunai  Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, dan BTN melibatkan Go-Jek Indonesia untuk menjual kartu nontunai. Hal ini guna mendorong pencapaian target transaksi nontunai pada seluruh jalan tol mulai 31 Oktober.

VP Marketing Produc Go Jek‎ Indonesia Pinkan Irwin mengatakan, Go Jek telah berkomitmen mendukung program pemerintah dalam ‎mendorong gerakan transaksi nontunai. Hal ini diimplementasikan dengan penyediaan jasa penjualan kartu transaksi nontunai di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Jadi kalau di Jakarta drivernya sudah ratusan ribu, sudah gampang banget. Misalkan mau beli kartunya ini, mungkin orang-orang banyak yang enggak sempet beli kartunya di bank,‎" kata Pingkan, di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Pinan menuturkan, untuk membeli kartu nontunai menggunakan jasa Go Jek, pembeli menggunakan fitur Go Mart yang ada pada aplikasi Go Je‎k. Dalam fitur tersebut tersedia pilihan kartu non tunai bank yang akan digunakan.

"Pembelian kartu sendiri sekarang bisa lewat Go Mart. Jadi pesen aplikasi saja pesen di Go Mart. Tinggal pilih banknya di mana jadi sudah ada lima bank," ucap Pingkan.

Pingkan melanjutkan, setelah pembeli memesan, pengemudi Go Jek yang menanggapi pesanan langsung membeli ‎kartu di kantor cabang bank yang ditentukan pembeli. Kemudian kartu tersebut langsung diantar. Pembelian kartu nontunai bisa menggunakan go pay.

"Misalnya bank mana?, Mandiri nanti drivernya beli di kantor cabang terdekat, langsung di antar," terang Pingkan.

Namun saat ini Go Jek baru bisa melayani pembelian kartu, belum bisa melakukan isi ulang (top) uang elektronik. Jadi untuk mengisi ulang, pemilik harus pergi ketempat yang ditentukan.

‎"Kalau isi ulang harus dari banknya kita‎ belum melayani isi ulang,"‎ tutur Pingkan.

Kepala Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan‎ DKI Jakarta Doni P. Joewono mengatakan, BI Kantor Perwakilan DKI Jakarta mendorong agar proyek percontohan ini ditindaklanjuti, dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara masing-masing bank dan Go-Jek, agar fitur layanan dapat diperluas dan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.‎

"Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh uang elektronik dengan lebih mudah, tanpa perlu antri di pintu tol, pergi ke bank atau keluar rumah," tutur Doni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Bank Gandeng Go-Jek

Lima bank penyedia layanan transaksi non tunai yaitu Bank Mandiri, BCA, BRI BNI, dan BTN menjalin kerja sama dengan Go-Jek Indonesia. Kerja sama ini ditujukan ntuk mendorong transaksi non tunai.

Kepala Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan‎ DKI Jakarta Doni P. Joewono mengatakan, kerja sama ini berupa layanan pembelian uang elektronik di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi melalui fitur Go Mart yang merupakan layanan belanja instan dari Go-Jek.

"Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh uang elektronik dengan lebih mudah, tanpa perlu antri di pintu tol, pergi ke bank atau keluar rumah," kata Doni, di Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Doni melanjutkan, BI Kantor Perwakilan DKI Jakarta mendorong agar pilot project ini ditindaklanjuti, dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara masing-masing Bank dan Go-Jek, agar fitur layanan dapat diperluas dan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Doni, kerja sama perbankan juga dapat diperluas dengan perusahaan lainnya, untuk menambah kemudahan bagi masyarakat dalam penggunaan kartu elektronik, tentunya dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Bank Indonesia akan terus mendukung perluasan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan uang elektronik, serta terus memantau perkembangan implementasi transaksi tol non tunai agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

‎"BI mengapresiasi dan mendukung terobosan yang dilakukan oleh perbankan di wilayah DKI Jakarta, yaitu Bank Mandiri, BCA, BRI. BNI, dan BTN, yang melakukan pilot project kerjasama dengan Go-Jek Indonesia," tutup Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.