Sukses

Siap Produksi 700 Kereta Setahun, INKA Jajaki Lokasi Pabrik Baru

Lokasi pabrik baru INKA harus memenuhi beberapa syarat seperti pelabuhan dan jaringan kereta api.

Liputan6.com, Jakarta PT Industri Kereta Api (INKA) tengah mencari lokasi pembangunan pabrik baru. Keberadaan pabrik ini untuk meningkatkan kapasitas produksi INKA yang kebanjiran pesanan dari dalam maupun luar negeri.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT INKA Mohamad Nur Sodiq mengatakan, perseroan tengah menjajaki beberapa lokasi. Kriterianya, lokasi pabrik baru mesti memenuhi beberapa syarat seperti pelabuhan dan jaringan kereta api.

"Semuanya di Jawa Timur, sekitar Banyuwangi, Probolinggo. Syaratnya dua, selain masalah luas memadai, harus juga dekat pelabuhan dan jaringan kereta api. Ada beberapa tempat yang sudah disiapkan," kata dia seperti ditulis di Jakarta, Sabtu (3/6/2017).

Pembangunan pabrik akan menggunakan anggaran negara dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN). Adapun nilai investasi pabrik sekitar Rp 600 miliar.

"Investasinya sediakan dana sekitar Rp 600 miliar, dari APBN PMN. INKA dapat PMN untuk bangun pabrik baru senilai Rp 600 miliar, bagian dari Rp 1 triliun PMN," jelas dia.

Dengan pabrik ini, kapasitas produksi INKA akan meningkat dari rata-rata 400 unit kereta per tahun menjadi 700 unit kereta per tahun. Pabrik tersebut juga membuat INKA leluasa untuk ekspor. Rencananya, pabrik dibangun tahun ini.

"Kalau bisa secepatnya. Targetnya tahun ini harus mulai dibangun. Target Bu Menteri. PMN kan tahun 2016, cair 31 Desember lalu," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.