Sukses

Kementerian PUPR Tambah Parking Bay Saat Mudik, Ini Lokasinya

Dengan bertambahnya parking bay ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) akan menambah tempat parkir atau tempat peristirahatan sementara (parking bay) di sejumlah ruas jalan tol pada mudik Lebaran tahun ini. Dengan bertambahnya parking bay ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pemerintah akan menambah tempat istirahat sementara di luar rest area yang ada. Namun, di tempat tersebut pemudik tidak bisa beristirahat lama.

"Kami akan membangun parking bay, tambahan terhadap rest area yang sudah operasi hari ini. Sifatnya disediakan tempat parkir di mana nanti pengguna bisa buang air atau mushola, tapi bukan lama sangat dibatasi kalau tidak terlalu banyak," jelas dia, di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Dia mengatakan, parking bay terletak di beberapa lokasi. Untuk Tol Jakarta menuju Cikampek terletak pada KM 18, 41, dan 59. Sementara arah sebaliknya pada titik KM 33 dan 58.

Parking bay juga terletak pada Tol Cipali untuk kedua arah di KM 78, 153, 133+500. Lalu Tol Palikanci 191+450, serta Tol Pejagan-Pemalang KM 262+500 untuk kedua arah.

Herry menuturkan, tempat istirahat sementara ini ukurannya tidak terlalu besar. Paling tidak bisa menampung 50 kendaraan atau mobil. "50 kendaraan mestinya cukup, nggak terlalu besar dia. Yang penting yang harus kita atur turn over-nya, perputarannya," tukas dia.

Diharapkan dengan adanya tambahan parking bay ini bisa mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan pengemudi yang kelelahan. Selama ini memang angka kecelakaan terbesar karena sopir terlalu lelah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.